Begini Cara yang Bisa DIlakukan Orangtua untuk Membuat Anak Suka Makan Sayur

Begini Cara yang Bisa DIlakukan Orangtua untuk Membuat Anak Suka Makan Sayur
SEHAT | 30 Juni 2020 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Pola makan anak merupakan hal yang sangat penting terhadap tumbuh kembangnya. Oleh karena itu, penting untuk mengenalkan anak pada berbagai jenis makanan termasuk sayur.

Dokter spesialis anak konsultan tumbuh kembang pediatri sosial RS Pondok Indah Jakarta Catharine Mayung Sambo memberikan kiat dalam mengajarkan anak agar memiliki kebiasaan positif salah satunya agar terbiasa makan sayur.

"Kita perkenalkan lalu setelah dia habiskan, kita beri apresiasi. Itu akan terdaftar dalam ke sistem dia sebagai pengalaman baru yang positif, dan semakin sering diulang akan menjadi sistem kebiasaan,” ujar Catharine dilansir dari Antara.

Pengulangan secara konsisten dapat membuat hal baik terdaftar dalam sistem otak bawah sadar. Di kemudian hari, ketika anak melihat sayur ingatan mereka yang muncul adalah pengalaman positif tentang sayur-sayuran.

"Ketika dia melihat sayur itu dia akan langsung terpacu 'Oh dulu saya waktu pertama coba ini diapresiasi keluarga kalau dihabiskan.' Ini jadi isyarat kalau sayur adalah hal baik yang harus ia habiskan," terang Catharine.

Baca Selanjutnya: Membiasakan hal baik secara terus...

Halaman

(mdk/RWP)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami