Begini Cara yang Bisa Diterapkan Orangtua untuk Menidurkan Anak di Kamar Sendiri

Begini Cara yang Bisa Diterapkan Orangtua untuk Menidurkan Anak di Kamar Sendiri
Ilustrasi anak tidur. ©shutterstock.com/maska
SEHAT | 11 April 2020 18:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Bagi orangtua, membiasakan anak untuk tidur sendiri merupakan hal yang cukup menantang. Banyak anak yang rewel dan takut sendiri sehingga pada akhirnya mereka masih enggan terpisah dari orangtua.

Dilansir dari Parents, Claire Lerner, pakar perkembangan anak mengatakan bahwa membutuhkan waktu bagi anak agar bisa tidur sendiri. Pasalnya mereka sebelumnya berada di kasur kita yang mereka anggap sangat nyaman sehingga berpindah di kasur lain dan sendirian membutuhkan waktu.

Untuk membuat mereka lebih mudah dalam melakukan transisi ini, perlu ada sejumlah hal yang diketahui orangtua. Komunikasi merupakan hal yang penting dilakukan oleh orangtua.

Hal yang pertama bisa dilakukan adalah membiarakan lebih dahulu mengenai perubahan yang bakal dialami buah hati. Pastikan agar kamu menunjukkan benar-benar paham mengenai ketakutan mereka. Pastikan juga untuk menunjukkan rasa percaya bahwa buah hati bisa melaluinya dan mampu tidur sendiri.

Ingatkan dia mengenai berbagai halangan dan tantangan yang telah dihadapi dan dilaluinya. Jika dia memiliki boneka atau benda kesayangan seperti guling, bantal, dan selimut, pastikan dia tetap tidur menggunakannya.

Baca Selanjutnya: Tentukan Waktunya...

Halaman

(mdk/RWP)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami