Begini Tips untuk Ajarkan Anak Pentingnya Minum Air

Begini Tips untuk Ajarkan Anak Pentingnya Minum Air
SEHAT | 15 Juli 2020 07:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Mencukupi kebutuhan air harian merupakan salah satu hal yang penting bagi anak-anak. Hal ini bermanfaat untuk menjaga kondisi tubuh serta kesehatan mental mereka.

Sayangnya, banyak anak yang kurang air putih karena lebih memilih minuman manis berperasa. Menurut Ketua Indonesian Hydration Working Group dokter spesialis gizi klinik Diana Sunardi, dehidrasi dapat mengganggu fungsi kognitif dan mempengaruhi suasana hati seseorang.

Di sini, orang dewasa punya peran untuk mengajarkan anak agar kebutuhan hidrasi mereka tetap tercukup yaitu dengan rutin minum air. Menurut praktisi mindfulness dan emotional healing Adjie Santosoputro, anak belajar dengan cara mencontoh atau meniru orangtuanya.

"Sehingga kalau kita ingin anak-anak itu hidrasi sehat, dimulai dari diri kita yang sudah dewasa ini. Dimulai dari orangtuanya," kata Adjie dalam sebuah seminar daring beberapa waktu lalu.

"Mereka itu seringkali cuma meniru orangtuanya," kata Adjie.

1 dari 1 halaman

Ubah Diri Sendiri Lebih Dulu

Adjie mengatakan, untuk memulai perubahan pada orang lain adalah dengan mengubah diri kita terlebih dulu. Hal ini juga berlaku untuk mengajarkan sesuatu pada anak.

"Sebisa mungkin tidak perlu terlalu ingin mengubah orang lain, tidak perlu terlalu ingin mengubah anak-anak, tapi mulailah dirimu sendiri dulu," ujarnya.

"Jangan sampai kita menyuruh anak kita hidrasi sehat tapi diri kita tidak. Anak akan lebih mengikuti apa yang kita lakukan daripada apa yang kita suruh ke dia. Jadi teladan itu memang penting sekali, itu secara psikologis cara belajarnya seperti itu," sambungnya.

Diana mengatakan, data dari sebuah studi di Indonesia yang dimuat di European Journal of Nutrition tahun 2018 menunjukkan bahwa 1 dari 5 anak dan remaja di Indonesia masih belum cukup memenuhi kebutuhan hidrasi mereka.

"Faktanya, 28 persen orang dewasa dan 21-22 persen anak serta remaja di Indonesia masih belum memenuhi kebutuhan hidrasi mereka," ujarnya.

Oleh karena itu, Diana mengingatkan bahwa penting bagi semua orang untuk memenuhi kebutuhan air harian. Minum air secara cukup merupakan kunci bagi gaya hidup sehat yang diterapkan.

Reporter: Giovani Dio Prasasti
Sumber: Liputan6.com (mdk/RWP)

Baca juga:
Punya Peliharaan Anjing di Rumah Bisa Buat Anak Lebih Berkembang Srcara Sosial
Tingginya Penyakit Tidak Menular di Usia Anak-Anak Bisa Ancam Bonus Demografi
Waspadai Penggunaan Masker pada Bayi karena Bisa Berdampak Bahaya
Masalah Tidur saat Bayi dan Balita Bisa Sebabkan Masalah Mental saat Remaja
Menurut Dokter Meta Hanindita, Berikut 4 Cara Tepat Berikan MPASI pada Anak
Anak Divaksin ketika Sedang Sakit, Boleh atau Tidak?

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami