Benarkah Brown Sugar Lebih Sehat Dikonsumsi Bagi Penderita Diabetes?

SEHAT | 22 September 2019 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Selama ini banyak anggapan oleh banyak orang bahwa brown sugar atau gula coklat lebih sehat dibanding gula putih. Walau dibuat dari bahan yang sama, brown sugar biasa disebut sebagai pilihan lebih sehat dan alami.

Anggapan bahwa gula jenis ini lebih sehat menjadikan banyak penderita diabetes lebih memilih gula jenis ini. Namun benarkah brown sugar ini lebih sehat dibanding gula putih?

Dilansir dari Medical Daily, baik brown sugar maupun gula putih sama-sama dibuat dari tebu atau bit. Walau kedua jenis gula ini memiliki warna berbeda, kandungan nutrisi di dalamnya kurang lebih sama.

Pada faktanya, brown sugar merupakan gula yang menggabungkan gula putih dan tetes tebu sehingga warnanya berbeda. Selain itu terdapat sejumlah vitamin dan mineral yang dicampur dalam gula jenis ini.

1 dari 3 halaman

Hanya Memiliki Sedikit Perbedaan

Walau sangat sedikit, namun terdapat perbedaan antara brown sugar dan gula putih ini. Brown sugar memiliki karbohidrat dan kalori lebih rendah dibanding gula putih.

Karena adanya sejumlah tambahan, brown sugar juga memiliki potassium, zat besi, dan kalsium lebih banyak dibanding gula putih. Walau begitu, perbedaannya sangat kecil sehingga tak tampak signifikan.

2 dari 3 halaman

Dampak yang Muncul Sama

Karena perbedaan yang sangat sedikit ini, bagi seorang penderita diabetes, tidak ada perbedaan yang muncul dari konsumsi kedua jenis gula ini. Brown Sugar bukan merupakan pilihan yang lebih baik dibanding gula putih.

Keduanya memiliki hubungan dengan tingginya risiko penyakit jantung dan kondisi kesehatan lain. Keduanya juga bisa meningkatkan tingkat gula darah pada diri seseorang dan berbahaya bagi penderita diabetes.

3 dari 3 halaman

Sebaiknya DIhindari Penderita Diabetes

Sejumlah penelitian mengungkap bahwa asupan gula bisa mengganggu sensitivitas insulin. Pada penderita diabetes, baik brown sugar maupun gula putih harus dibatasi konsumsinya.

Walau terdapat perbedaan pada tampilannya serta sering muncul anggapan yang salah, pada dasarnya tak ada perbedaan antara kedua gula ini. Oleh karena itu, bagi penderita diabetes sebaiknya gula ini dihindari. (mdk/RWP)

Baca juga:
Sebelum Lakukan Operasi Bedah Plastik, Perhatikan Riwayat Kesehatan yang Dimiliki
4 Buah dan Sayur yang Baik untuk Dikonsumsi Penderita Diabetes
5 Cara Mengatasi Kondisi Kaki Bengkak pada Penderita Diabetes
Porsi Makan Tepat Menjadi Cara Sempurna untuk Kendalikan Kadar Gula Darah
Penderita Diabetes Dianjurkan untuk Menghindari Olahraga Angkat Beban

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.