Benarkah Konsumsi Air Dingin Bisa Menyebabkan Seseorang Jadi Gemuk?

SEHAT | 10 Oktober 2019 05:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Selama ini, terdapat mitos yang dipercaya oleh masyarakat bahwa konsumsi air dingin bisa menyebabkan tubuh gemuk. Hal ini membuat sejumlah orang jadi takut mengonsumsi air dingin. Namun apakah hal tersebut mungkin terjadi?

Faktanya, menurut dokter sekaligus Hydration Science Director Danone-AQUA, Tria Rosemiarti, kedua hal itu adalah mitos.

Saat minum air baik dingin atau pun hangat, air yang sampai ke dalam tubuh akan menyesuaikan suhu tubuh. Sehingga tidak akan terjadi hal membahayakan di dalam tubuh akibat perbedaan suhu.

“Sebetulnya air dingin ataupun air hangat, kalau diminum masuk ke tubuh sudah berubah jadi suhu tubuh. Karena di lambung kan suhu tubuh, jadi gak masalah. Kecuali, kalau dia sedang ada peradangan mungkin air dingin membuat tidak nyaman, jadi disarankan air biasa atau air hangat,” ujar Tria, saat ditemui di Summarecon Mall Serpong, beberapa waktu lalu.

1 dari 1 halaman

Menguak Mitos

Air putih memiliki kegunaan yang luar biasa untuk tubuh. Seperti membuat kita tetap fokus dan membuang sisa metabolisme tubuh yang berbahaya. Meminum air dingin di hari yang panas memang menyejukkan.

Jika takut gemuk akibat air dingin, tenang saja Tria memastikan bahwa air dingin tak mungkin membuat seseorang bertambah berat badan. Alasannya karena air putih memiliki 0 kalori bahkan ketika didinginkan.

“Kan ada mitos, air dingin bikin gemuk, kan air itu 0 kalorinya jadi gak akan membuat gemuk,” ungkapnya.

Jaga berat badan


Air putih justru baik untuk tubuh agar berat badan terus terjaga. Dengan mengganti minuman dengan air putih, akan mengurangi konsumsi kalori kita perharinya. Minum air putih sebelum makan pun akan membantu kita merasa kenyang lebih cepat sehingga tidak memakan lemak berlebih.

“Air putih itu kan 0 kalori. Jadi kalau minum kopi digantikan dengan air putih pasti mengurangi kalori. Dengan minum air putih sebelum makan itu juga membuat kenyang sehingga asupan berlemak mungkin akan berkurang,” ujar Tria.

Tidak lupa, untuk menjaga berat badan tetap stabil Sahabat Dream juga perlu menjaga asupan makanan dan berolahraga secara rutin.

Laporan: Keisha Ritzska Salsabila
Sumber: Dream.co.id (mdk/RWP)

Baca juga:
Bisa Sebabkan Disfungsi Ereksi, Berikut Sejumlah Dampak Mengejutkan Kurang Minum Air
Benarkah Kita Tak Boleh Langsung Minum Air Putih Setelah Berlari?
4 Cara Agar Kamu Bisa Minum Lebih Banyak Air Putih
Efektifkah Minum Banyak Air saat Waktu Sahur?
6 Waktu Penting untuk Mengonsumsi Air Putih Agar Tubuh Tetap Sehat dan Bugar