Benarkah Konsumsi Rambutan Bisa Sebabkan Munculnya Batuk?

SEHAT | 24 Januari 2020 07:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Beberapa buah yang kita konsumsi biasanya memiliki kadar air dan rasa manis yang lebih tinggi dibanding jenis lain. Salah satu buah ini adalah rambutan.

Buah khas daerah tropis ini memang sangat lezat untuk disantap terutama pada udara yang panas. Sayangnya, banyak orang yang mengeluhkan munculnya masalah batuk usai mengonsumsi rambutan ini. Mengapa?

Nyatanya, belum ada studi ilmiah yang menunjukkan hubungan langsung antara makan rambutan dengan batuk seperti disampaikan dokter Fiona Amelia.

Bila memang ada seseorang batuk usai mengonsumsi rambutan tampaknya hal ini terkait reaksi individual. Misalnya pada orang yang memiliki bakat alergi atau sensitif terhadap sesuatu.

"Orang yang cenderung memiliki bakat alergi, misalnya alergi terhadap telur atau punya asma, ada beberapa hal yang membuat saluran napas jadi bereaksi walau enggak sampai timbul gejal alergi. Batuk itu terjadi karena saluran napasnya terganggu," kata Fiona dihubungi beberapa waktu silam.

Penyebab seseorang batuk bisa jadi karena gula pada rambutan yang bersifat pekat. Sehingga cenderung melekat di tenggorokan.

“Misalnya kalau orangnya sudah batuk dan dia konsumsi rambutan, bisa merangsang tenggorokan untuk memproduksi lendir lebih banyak. Akibatnya, tenggorokan berusaha mengalirkan gula tersebut dengan refleks batuk,” jelas dokter Resthie Rachmanta seperti dikutip dari Klikdokter.

Bila Anda tak memiliki masalah usai mengonsumsi rambutan bukan berarti makan banyak-banyak. Fiona mengingatkan untuk makan rambutan secukupnya saja.

1 dari 1 halaman

Minum Air Hangat Usai Makan Rambutan

Jika usai makan rambutan merasa tenggorokan tidak nyaman atau batuk-batuk, Fiona menyarankan untuk minum air hangat. Kehadiran air hangat mampu mengencerkan lendir yang merangsang seseorang mengalami batuk.

"Secara fisiologis tubuh, gula itu sifatnya menarik air kan. Ketika lendir sampai di tenggorokan jadi bikin gatel, batuk," kata Fiona.

Reporter: Benedikta Desideria
Sumber: Liputan6.com (mdk/RWP)

Baca juga:
Rutin Bercinta Bisa Bantu Wanita Tunda Terjadinya Menopause
Dokter Jantung Sarankan Pasien agar Tidak Melakukan Diet Keto
3 Hal yang Pantang untuk Langsung Dilakukan Setelah Makan
Dalam Sehari, Terdapat 4 Ribu Pasien Baru Penderita Diabetes
Ketahui Penyebab Terjadinya Infertilitas pada Suami dan Istri
Menonton Pertunjukan dan ke Galeri Seni Bisa Bantu Manula Cegah Kematian

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.