Benarkah Minum Air Panas Bermanfaat untuk Turunkan Berat Badan?

Benarkah Minum Air Panas Bermanfaat untuk Turunkan Berat Badan?
SEHAT | 5 Agustus 2020 11:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Konsumsi air merupakan suatu hal yang penting dilakukan setiap hari. Bukan hanya unuk menghilangkan haus, minum air putih juga penting untuk fungsi tubuh yang lebih baik serta mencegah penyakit.

Sekitar 70 persen tubuh kita terdiri dari air. Oleh karena itu, untuk membuat tubuh berfungsi secara sempurna, konsumsi air dalam jumlah tepat merupakan hal yang harus dilakukan.

Air putih merupakan minuman sehat yang penting dikonsumsi oleh tubuh. Walau begitu, selama ini selalu disebut bahwa air panas memiliki manfaat lebih baik dibanding air dingin terutama dalam menurunkan berat badan, benarkah hal ini?

Air dingin diketahui bisa bermanfaat menurunkan suhu tubuh setelah berolahraga. Sedangkan air panas bermanfaat untuk mengeluarkan racun dari tubuh dan membantu mencerna makanan.

Dilansir dari Times of India, sebuah penelitian menyebut bahwa konsumsi lebih banyak air bisa membantu membakar lemak. Hal ini terjadi karena air bisa membuat kita merasa lebih kenyang, membantu tubuh menyerap lebih banyak nutrisi, serta mengeluarkan racun dari tubuh.

Penelitian lain pada tahun 2003 menyebut bahwa konsumsi air panas bisa meningkatkan proses menurunkan berat badan. Lebih lanjut, penelitian ini mengungkap bahwa konsumsi air sebanyak 500 ml sebelum makan bisa meningkatkan metabolisme hingga 30 persen.

Baca Selanjutnya: 3 Penyebab Konsumsi Air Panas...

Halaman

(mdk/RWP)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami