Benarkah Minum Obat Tanpa Air Bisa Munculkan Bahaya?

SEHAT | 21 Oktober 2019 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Ketika mengonsumsi obat-obatan, salah satu hal utama yang dibutuhkan seseorang adalah air putih. Meminum air bisa membantu obat yang hendak kamu minum melintas dengan mulut di tenggorokan menuju perut.

Sebagai pengganti air, biasanya terdapat beberapa hal yang digunakan seseorang untuk menelan obat seperti pisang. Namun pada beberapa orang yang terlalu malas dan mampu menahan rasa pahit dari obat, mereka bisa meminum obat tanpa menggunakan air.

Walau cukup jarang yang melakukannya, namun beberapa orang ada yang bisa mengonsumsi obat tanpa menggunakan air. Sebenarnya apakah meminum obat tanpa air ini berbahaya?

Dilansir dari Times of India, kebiasaan mengonsumsi tanpa menggunakan air ini sebenarnya cukup berbahaya. Pasalnya, hal ini bisa membuatmu tersedak serta ada hal lain yang dapat menimpa tubuhmu.

1 dari 3 halaman

Bahaya Minum Obat Tanpa Air

Minum obat menggunakan air adalah untuk membantu kamu menelan lebih mudah serta mencegahnya tersangkut di tenggorokan. Jika kamu hanya menelannya tanpa air, ada kemungkinan obat tersebut bakal tersangkut di tenggorokan sehingga menyebabkan masalah.

Obat yang kamu minum ini bisa menyebabkan iritasi dan peradangan pada tenggorokanmu. Pada jangka panjang, hal ini bisa menimbulkan sejumlah masalah seperti heartburn, nyeri di dada, dan bahkan bisa lebih parah seperti pendarahan atau munculnya lubang.

2 dari 3 halaman

Dampak Tak Langsung Terasa

Dampak yang kamu alami ini mungkin tidak bakal langsung terasa karena tidak ada saraf sakit di tenggorokan. Namun ketika obat yang tersangkut tadi tetap di posisinya, maka jaringan lembut di tenggorokan bisa terluka dan menyebabkan komplikasi lebih lanjut seperti dehidrasi dan luka.

Dampak yang muncul juga dapat berbeda-beda tergantung jenis obat yang kamu konsumsi. Pada obat khusus untuk osteoporosis atau antibiotik, masalah ini bisa jadi semakin parah.

3 dari 3 halaman

Pentingnya Minum Obat Menggunakan Air

Untuk menghindari berbagai masalah yang tak diinginkan, sebaiknya konsumsi banyak air ketika menelan obat. Cleveland Clinic menyarankan seseorang untuk minum sekitar 250 ml air sambil minum obat.

Usahakan juga untuk mengonsumsi obat dalam kondisi berdiri atau duduk. Selain itu, konsumsi obat maksimal 30 menit sebelum tidur agar obat tersebut melalui tenggorokan terlebih dahulu dan tidak tersangkut. (mdk/RWP)

Baca juga:
7 Hal yang Bisa Jadi Penyebab Munculnya Rasa Gatal Tanpa Bintik Merah
Bisakah Menstruasi yang Terjadi Secara Parah Menyebabkan Bahaya bagi Nyawa?
Benarkah Satu Penyakit Autoimun Bisa Memicu Munculnya Penyakit Autoimun Lain?
Kenali 3 Faktor Risiko yang Bisa Jadi Penyebab Penyakit Autoimun
5 Cara Mengatasi Gejala Serangan Panik Secara Seketika