Benarkah usus buntu tidak memiliki fungsi penting? Ini dia faktanya!

Benarkah usus buntu tidak memiliki fungsi penting? Ini dia faktanya!
SEHAT | 13 Desember 2016 15:12 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum

Merdeka.com - Tubuh manusia terdiri dari beragam organ yang memiliki fungsinya masing-masing yang bertujuan agar tubuhmu tetap berfungsi dengan baik. Lalu, ada pula jenis organ yang dikenal sebagai organ 'sisa' dalam tubuh manusia yang dianggap tidak memiliki fungsi penting. Salah satunya yang paling terkenal tidak penting adalah usus buntu.

Usus buntu yang terletak di persimpangan usus kecil dan usus besar ini diyakini tidak memiliki fungsi yang jelas. Benarkah demikian? Berikut adalah beberapa fakta menari tentang usus buntu yang wajib kamu ketahui.

  • Sebuah penelitian terbaru menyatakan bahwa usus buntu memiliki fungsi kesehatan yaitu bertindak sebagai 'rumah' bagi bakteri sehat yang diperlukan tubuh.
  • Jika kamu menderita sembelit dan sindrom iritasi usus besar, kemungkinan terjadi penumpukan materi fekal yang tersumbat di usus besar dan menyebabkan infeksi atau radang usus buntu.
  • Saat kamu mengalami rasa sakit yang teramat sangat di sekitar daerah pusar, bisa jadi kamu terkena usus buntu.
  • Menurut penelitian, pria lebih berisiko tinggi untuk terkena usus buntu dibandingkan dengan pria.
  • Penyakit usus buntu masih dianggap sebagai salah satu keadaan darurat kesehatan yang membutuhkan tindakan operasi segera.
  • Salah satu cara terbaik untuk menghindari infeksi usus buntu adalah meningkatkan asupan makanan yang tinggi serat.
  • Penghapusan usus buntu adalah prosedur yang cukup sederhana dan bisa dilakukan melalui operasi laproscopic kecil dan hanya membutuhkan waktu sekitar 8 menit.
  • Jika usus buntu pecah di dalam perut, maka bisa melepaskan banyak zat beracun dan menimbulkan kerusakan organ lainnya.

Jadi, sudah jelas bahwa usus buntu memiliki fungsi untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu jaga kesehatan pencernaanmu agar kamu tidak sampai terkena penyakit usus buntu. (mdk/feb)

Baca juga:
Usus buntu, kenali penyebab dan cara mengobatinya
Ini yang harus dilakukan setelah operasi usus buntu
Hanya mitos, makan biji cabai tidak sebabkan radang usus buntu
Kenali 6 tanda awal terkena radang usus buntu




Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami