Beraktivitas dan Berolahraga Saat Sakit Flu Bisa Timbulkan Masalah pada Jantung

SEHAT | 23 September 2019 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Ketika kamu tengah sakit, hal utama yang harus dilakukan adalah beristirahat. Terutama ketika tubuh melawan infeksi seperti ketika kamu menderita flu.

Harus kamu pahami bahwa berbeda dari demam biasa, sakit flu menimbulkan dampak lebih besar pada tubuh. Oleh karena itu dokter bakal menyarankan kamu untuk beristirahat serta melarangmu berolahraga ketika kamu menderita flu.

Selain agar pemulihan lebih cepat, terdapat hal lain mengapa kamu harus beristirahat. Saat menderita flu, jantung harus bekerja lebih keras untuk melawan virus influenza ini.

Dilansir dari Health24, ketika tubuh tengah bekerja melawan virus ini, akan muncul sejumlah tanda pada tubuh seperti munculnya demam. Ketika temperatur tubuh meningkat, jantung bakal berdetak lebih kencang untuk mengantar darah ke organ tubuh lain.

Ketika kamu beraktivitas dalam kondisi flu, jantung bakal mendapat tekanan yang jauh lebih besar. Hal ini bisa menyebabkan detak jantung tak teratur dan bahkan memunculkan bahaya pada otot jantung.

1 dari 3 halaman

Flu Bisa Berujung Penyakit Lain

Ketika menderita flu, penyakit ini bisa berujung pada kondisi bernama myocarditis, yang merupakan peradangan pada otot jantung. Walau harang berujung fatal, namun hal ini juga dapat berbahaya bagi semua orang.

Seseorang yang pada dasarnya memiliki kesehatan jantung yang baik tidak akan menyadari jika ada masalah pada otot jantung mereka. Masalah ini bakal terasa lebih besar ketika kamu berolahraga secara berat saat flu.

2 dari 3 halaman

Gejala myocarditis

Kelelahan

Sulit bernapas
Detak jantung tak beraturan
Nyeri di dada
Sulit tidur terlentang karena napas pendek
Kaki bengkak
Demam
Nyeri sendi
Sakit Kepala

Ketika kamu mengalami sejumlah gejala tersebut saat sedang flu, segera periksa kembali ke dokter.

3 dari 3 halaman

Kapan Sebaiknya Kembali Berolahraga Setelah Flu

Setelah flu, kita perlu mempertimbangkan waktu yang tepat untuk kembali berolahraga. Disarankan untuk beristirahat dari olahraga selama waktu kamu menderita flu.

Jika kamu sakit flu selama lima hari, maka jangan berolahraga sampai lima hari setelah kamu sembuh. Selain itu, jangan lakukan jenis olahraga yang terlalu berat untuk menghindari masalah lebih lanjut. (mdk/RWP)

Baca juga:
Wanita Usia Muda Memiliki Daya Tahan Influenza Jauh Lebih Kuat Dibanding Pria
Alami Demam Ketika Cuaca Panas? Mungkin Ini Penyebabnya
Wanita yang Memiliki Pasangan Lebih Tahan Terhadap penyebaran Penyakit
Begini Cara Menentukan Apakah Harus Libur atau Tetap Kerja Ketika Sakit
Sering Dianggap Sama, Ini Perbedaan Antara Pilek dan Flu
Jangan Terburu-buru Konsumsi Antibiotik Saat Flu