Berendam Air Hangat Setiap Hari Bisa Turunkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Berendam Air Hangat Setiap Hari Bisa Turunkan Risiko Penyakit Kardiovaskular
SEHAT | 1 April 2020 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Usai menjalani hari yang berat dan lelah, mandi air hangat merupakan suatu hal yang menyenangkan terutama pada udara dingin. Ketika pancuran air hangat ini diganti dengan berendam air hangat di bak mandi, maka rasa lelah bisa terasa hilang.

Sebuah penelitian mengungkap bahwa hal ini ternyata juga berhubungan dengan kesehatan. Berendam air hangat secara rutin di bak mandi berhubungan dengan menurunnya risiko kematian akibat penyakit jantung dan stroke.

Dilansir dari Medical Xpress, hal ini diketahui berdasar penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Heart. Diketahui bahwa berendam air panas setiap hari memiliki efek lebih baik dibanding berendam seminggu sekali atau seminggu dua kali.

Berendam di bak mandi berhubungan dengan meningkatnya kualitas tidur dan membuat seseorang menilai kesehatan mereka lebih baik. Walau begitu, secara jangka panjang tidak diketahui dampak risiko penyakit kardiovaskular termasuk serangan jantung, henti jantung mendadak, serta stroke.

1 dari 1 halaman

Temuan ini diperoleh dari partisipan yang mengikuti penelitian pada Pusat Kesehatan Masyarakat Jepang. Terdapat sekitar 61 ribu partisipan terlibat dengan usia 45 hingga 59 tahun.

Penelitian dimulai sejak 1990 dengan 43 ribu partisipan yang menjawab kuisioner mendetail mengenai kebiasaan mandi dan faktor yang mempengaruhinya. Setiap partisipan diikuti hingga akhir Desember 2009.

Setelah mempertimbangkan sejumlah faktor, analisis data menunjukkan bahwa mandi air panas tiap hari berdampak positif. Diketahui bahwa hal ini menurunkan risiko penyakit kardiovaskular hingga 28 persen dan menurunkan risiko stroke hingga 26 persen.

Penelitian ini bersifat observasi dan tidak menunjukkan sebab akibat antara satu hal dengan lainnya. Hal yang dilihat dalam penelitian ini adalah ukuran air sepundak yang merupakan faktor penting. (mdk/RWP)

Baca juga:
Tak Hanya Buat Senang, Mendengarkan Musik Juga Miliki Manfaat Kesehatan Berikut
Pola Makan Ayah Bisa Pengaruhi Kondisi Sperma dan Kesehatan Anak di Masa Mendatang
Hilangnya Penciuman Secara Mendadak Bisa Jadi Tanda Awal COVID-19
Pemberitaan Bunuh Diri Pesohor Bisa Picu Orang Lain untuk Mengakhiri Nyawa
Peneliti Ungkap Anak Kota Ternyata Lebih Anteng Dibanding Anak Desa
Membiarkan dan Meninggalkan Bayi Menangis Tidak Berdampak Buruk bagi Buah Hati
Obesitas Bisa Menular pada Remaja dengan Lingkungan yang Cenderung Gemuk

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami