Bisa Dialami Pria Muda, Kapan Waktu Skrining Kanker Prostat?

Bisa Dialami Pria Muda, Kapan Waktu Skrining Kanker Prostat?
Ilustrasi Kanker Prostat. ©2015 Merdeka.com
SEHAT | 26 Februari 2021 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Kanker prostat merupakan salah satu jenis kanker yang banyak dialami mereka yang di atas usia 50 tahun. Walau begitu, tak menutup kemungkinan bahwa masalah ini bisa dialami oleh mereka yang berusia lebih muda.

Dokter spesialis urologi sekaligus staf pengajar Divisi Urologi Departemen Bedah FKUI-RSCM, Prof. dr. Chaidir Arif Mochtar menuturkan, semakin tua usia semakin besar peluang kaum adam terkena kanker yang menyasar kelenjar pada sistem reproduksi pria yang membungkus saluran kemih (uretra) itu.

Lalu kapan waktu skrining yang disarankan? Staf medik Departemen Medik Urologi RSCM-FKUI, dr. Agus Rizal Ardy Hariandy Hamid merekomendasikan pemeriksaan prostate-specific agent (PSA) saat pria berusia di atas 50 tahun. Tetapi, apabila sudah ada riwayat keluarga sedarah seperti orang tua, saudara kandung atau anak telah didiagnosis kanker prostat, maka skrining bisa dilakukan sejak usia 40 tahun, sembari melakukan pemeriksaan kesehatan umum (MCU).

"Skrining PSA di atas 50 tahun, kalau sudah ada keluarga sedarah terkena kanker prostat, boleh skrining dilakukan dari usia 40 tahun, usia itu sudah disarankan juga melakukan medical check up," kata dia beberapa waktu lalu dilansir dari Antara.

Untuk menurunkan risiko terkena kanker prostat, penerapan pola hidup sehat, termasuk menghindari diet tinggi lemak dan rendah serat salah satunya bisa dilakukan. Lalu, apabila gaya hidup sehat sudah diterapkan, masih terkena kanker prostat, bisa jadi ada faktor genetik yang belum bisa dijelaskan, berperan di sini.

Baca Selanjutnya: Diagnosis Kanker Prostat...

Halaman

(mdk/RWP)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami