Bisakah manusia meninggal karena tersedak duri ikan?

SEHAT | 11 Februari 2017 04:16 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum

Merdeka.com - Daging ikan memiliki rasa yang enak serta sehat. Kandungan asam lemak omega 3 di dalamnya sangat bermanfaat untuk mendukung kesehatan otak. Oleh karena itu kamu disarankan untuk rajin makan ikan jika ingin memiliki otak yang encer.

Masalahnya, ikan memiliki beragam duri kecil yang bersembunyi di dalamnya. Dan ketika kamu tidak berhati-hati dalam mengonsumsinya, kamu bisa tersedak duri ikan.

Pertanyaannya, apakah manusia bisa meninggal karena tersedak duri ikan?

1 dari 3 halaman

Bergantung pada jenis duri

Tulang ikan. boldsky.com

Menurut penelitian yang dilansir dari boldsky.com, hal tersebut bergantung pada jenis duri yang tidak sengaja kamu telan dan bagaimana kamu menanggulanginya.

"Jangan panik saat kamu tak sengaja menelan duri ikan. Sebab duri yang masuk hanya berukuran kecil.  Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya adalah dengan langsung minum atau mengonsumsi makanan lain yang bisa menurunkan duri ikan," tulis penelitian ini.

Selain dengan langsung makan atau minum, cara lainnya adalah dengan meminta orang di sekitarmu untuk mencoba menekan perut yang berfungsi untuk mengurangi rasa sesak akibat tersedak. Ketika kerongkongan sudah lancar, maka duri akan turun masuk ke dalam lambung dan usus.

2 dari 3 halaman

Perawatan sederhana lainnya

Tulang ikan. boldsky.com

Jika cara tersebut tidak berhasil, kamu bisa mencoba perawatan berikut ini:

  • Menelan sesendok nasi tanpa mengunyah dan kemudian langsung minum air.
  • Selain pisang, kamu bisa mencoba untuk menelan pisang tanpa mengunyahnya. Setelah itu tunggu selama 2 menit untuk membiarkan air liur membasahi kerongkonganmu setelah itu minumlah segelas air.
  • Jika kamu tidak memiliki nasi atau pisang, ambillah 2 sendok teh selai kacang, kunyah selama 1 menit, dan kemudian telan. Hal ini bisa membuat duri yang tersangkut jadi bergerak.
  • Terakhir, kamu bisa mencoba untuk mengambil sepotong roti dan kemudian gigi. Lalu simpan di dalam mulut selama 2 menit. Kemudian telan tanpa mengunyahnya dan minumlah segelas air. Cara ini juga bisa membuat duri jadi bergerak turun.
3 dari 3 halaman

Apakah duri bisa dicerna?

Tulang ikan. boldsky.com

Setelah duri berhasil turun, lalu muncul pertanyaan, apakah duri bisa dicerna dengan baik setelah masuk ke dalam usus?

"Sebagian besar dari kasus ini menjelaskan bahwa duri bisa dicerna dan akan diekskresikan selama beberapa hari. Namun jika ukuran duri terlalu besar dan tidak bisa dicerna, maka diperlukan tindakan medis untuk mengeluarkannya."

Jadi, apakah tak sengaja tersedak duri bisa membuat manusia meninggal? Hal ini bergantung pada perawatan apa yang kamu lakukan dan jenis duri ikan tersebut. (mdk/feb)

Baca juga:
7 Cara jitu deteksi adanya cacing dalam perutmu
6 Cara mudah bikin kentutmu tak lagi bau busuk
Mengonsumsi 4 makanan enak ini bikin kamu jarang lapar
Alasan kenapa kamu tak boleh sering minum saat makan
Wah, konsumsi sayuran ini bikin kamu kentut melulu

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.