Bisakah Sehari Makan Banyak Kala Sedang Diet Buat Kamu Gemuk Tiba-Tiba?

SEHAT | 5 November 2019 12:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Ketika kamu tengah menurunkan berat badan, biasanya kamu bakal sangat membatasi makanan yang kamu konsumsi sehari-hari. Biasanya kamu bakal makan dengan sangat hati-hati dan dalam jumlah terbatas.

Namun pada suatu waktu, ada kalanya suatu hari kamu tidak bisa mengontrol keinginan makan. Pada hari tersebut kamu bakal makan dalam jumlah lebih banyak dari biasanya dan terlepas dari semua pantangan.

Makan secara berlebihan di kala sedang diet ini sering dikira bisa membuat berat badan seseorang yang tadinya sudah turun jadi meningkat lagi. Benarkah seperti itu?

Munculnya cheat day atau hari ketika kamu tidak diet ini biasanya terjadi ketika liburan atau pada perayaan tertentu. Pada sejumlah orang, hal ini sering dikhawatirkan dan muncul ketakutan bahwa makanan tersebut bisa membuat diet yang kamu lakukan terbuang sia-sia.

Untungnya, seperti dilansir dari Times of India, sehari makan berlebihan ini ternyata tak dapat merusak rencana diet yang kamu lakukan. Pasalnya, kamu benar-benar perlu makan dalam jumlah yang sangat banyak untuk menambah berat badan secara cepat.

1 dari 2 halaman

Hitungan Sederhana

Tidak bakal bertambahnya berat badan secara cepat bisa dilogika dengan matematika kalori sederhana. Untuk menurunkan badan seberat satu kilo, kamu perlu membakar 7.700 kalori. Sebaliknya, untuk menambah berat satu kilo, kamu juga perlu makan dalam jumlah yang sama.

Secara rata-rata, seseorang biasanya mengonsumsi 2.000 kalori setiap hari. Untuk menambah jumlah berat badan sekitar satu kilo, kamu perlu menambah setidaknya 5.200 kalori pada makananmu.

Jumlah tersebut tentu sangat banyak dan sangat sulit dilaksanakan hanya dalam satu hari. Sebuah penelitian juga menyebut bahwa seseorang tidak bakal mengalami peningkatan berat badan dengan cepat setelah sehari makan berlebih.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada New England Journal of Medicine menyebut bahwa secara rata-rata seseorang mengalami peningkatan satu kilogram. Peningkatan jumlah tersebut terjadi setelah enam minggu dari masa liburan.

2 dari 2 halaman

Tidak Bikin Gemuk Namun Bikin Kembung

Secara garis besar, makan berlebih selama satu hari tidak bakal membuatmu mengalami peningkatan berat badan. Namun, hal ini bisa membuatmu merasa kembung.

Oleh karena itu, disarankan untuk membatasi jumlah makanan selama bisa memenuhi keinginanmu setiap hari. Selanjtunya, kembali lagi pada kebiasaan olahraga serta makanmu seperti biasanya untuk menurunkan berat badan. (mdk/RWP)

Baca juga:
4 Kesalahan di Pagi Hari yang Bisa Buat Kamu Gagal Diet
Selain Menstruasi, 4 Hal ini Bisa Membuatmu Ingin Makan Terus-Menerus
Menurut Penelitian, Begini Cara Mudah Agar Anak Mau untuk Mengonsumsi Sayur
Makanan Berpemanis Buatan Bisa Bikin Kamu Makan Lebih Banyak
Cukup Tidur Bisa Tekan Keinginan Konsumsi Makanan Manis dan Asin secara Berlebihan
Makan Sambil Berdiri Ternyata Bisa Buat Lidah Jadi Tak Peka