Bolehkah makan makanan pedas saat hamil?

Bolehkah makan makanan pedas saat hamil?
Ilustrasi makanan pedas. Shutterstock/Shebeko
SEHAT | 27 April 2016 03:13 Reporter : Yoga Tri Priyanto

Merdeka.com - Ini adalah pertanyaan yang sangat sering dilontarkan, baik calon ibu atau pun calon ayah. Akan sangat sulit bagi mereka yang begitu ketergantungan dengan makanan pedas.

Lalu, amankah jika memakan makanan pedas saat hamil?

Jawabnya, aman. Makanan pedas tidak akan banyak mempengaruhi si jabang bayi di kandungan. Asalkan tetap dalam batas wajar.

Secara medis, tidak ada hubungan antara makanan pedas dan perkembangan janin. Para ahli telah sepakat bahwa ibu hamil diperbolehkan mengonsumsi makanan pedas. Akan tetapi yang harus diingat adalah makanan pedas dapat mengakibatkan tingginya 'morning sickness' alias rasa mual, sakit perut, atau muntah akibat perubahan kadar hormon terhadap ibu hamil. Meskipun diperbolehkan mengonsumsi makanan pedas, alangkah baiknya diimbangi juga dengan makanan lain yang memang dibutuhkan oleh bayi dalam kandungan.

Jika memang Anda terpaksa mengonsumsi makanan pedas saat hamil, sebaiknya jangan memakannya sebagai camilan. Anda harus memakannya sebagai makanan utama. Kemudian hindari makanan pedas saat malam hari. Biasanya reaksi parah berupa ulas akan datang di pagi hari.

Apabila sudah mengonsumsi makanan pedas, usahakan netralisir lambung Anda dengan susu. Pasalnya susu dapat menstabilkan kondisi asam lambung setelah makan makanan pedas. (mdk/ega)

Ingin bayimu berkulit putih? Konsumsi 5 makanan ini!

Bayi di Denpasar lahir tanpa anus, sesak napas dan hidung berlendir

Setiap hari kepala putranya membesar, pasutri asal Bangli pasrah

Jangan keburu panik saat bayi lahir kuning!

Ibu dan bayi tewas saat akan bersalin, Gubernur Aceh didesak tegas

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami