BPOM mengimbau para pedagang makanan untuk tidak menjual makanan yang berbahaya

BPOM mengimbau para pedagang makanan untuk tidak menjual makanan yang berbahaya
makanan berbahaya. ©2018 liputan6.com
SEHAT | 31 Juli 2018 17:01 Reporter : Achmad Fajar Muzakki

Merdeka.com - Menjelang diselenggarakannya event Asian Games 2018, kepala BPOM mengimbau supaya para pedagang tidak lagi menjual jajanan yang membahayakan. Misalnya saja menggunakan pemanis, pewarna, dan pengawet yang tidak seharusnya dikonsumsi tubuh.

“Masyarakat juga diharapkan lebih berhati-hati dalam memilih pangan. Belilah pangan dalam kondisi baik di tempat yang terjamin kebersihannya. Hindari makanan berbahaya yang dibuat dari bahan-bahan berbahaya. Misalnya terlalu kenyal, berwarna mencolok, dan cenderung berpendar," ujar Penny di Palembang saat melakukan kunjungan kerjanya, Rabu (11/7/2018).

makanan berbahaya

makanan berbahaya ©2018 liputan6.com

Penny menyarankan agar masyarakat tidak membeli makanan yang dibungkus menggunakan kertas bertinta karena mengandung logam berat yang berbahaya bagi kesehatan.

Jelang Asian Games, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia mengintensifkan pengawasan terpadu dengan melibatkan tim jejaring keamanan pangan serta terus memperluas nya di lokasi wisata kuliner, jajanan anak sekolah, pasar modern, pasar tradisional, pusat kuliner, terminal, stasiun, dan bandara, serta terutama tempat yang menjadi lokasi pertandingan di Palembang dan Jakarta.

Penny menambahkan, kalau upaya yang dilakukannya ini adalah sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah selaku tuan rumah penyelenggara Asian Games. Pemerintah wajib menjaga kesehatan para atlet yang akan berlaga di arena olahraga. Dengan salah satunya menjamin makanan yang ada di Indonesia sendiri. Khususnya di dua kota penyelenggara, yaitu Jakarta dan Palembang.

Sumber: Liputan6.com (mdk/mg2)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami