Bukan sakit kepala biasa, migrain bisa picu serangan jantung

Bukan sakit kepala biasa, migrain bisa picu serangan jantung
Ilustrasi migrain. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/CHAIWATPHOTOS
SEHAT | 4 Juli 2015 08:07 Reporter : Destriyana

Merdeka.com - Migrain adalah jenis sakit kepala yang sering disertai dengan mual, kepekaan terhadap cahaya dan suara, dan rasa sakit pada satu sisi kepala atau leher. Kondisi tersebut disebabkan oleh aktivitas otak yang tidak normal.

Migrain tidak hanya membuat Anda merasa kesakitan, tetapi penyakit itu juga memiliki risiko kesehatan yang cukup serius. Migrain dapat mempengaruhi aliran darah di otak dan jaringan sekitarnya dan meningkatkan risiko stroke, serangan jantung, depresi dan komplikasi kesehatan yang serius lainnya.

Stroke bisa menyebabkan kematian, dan ketika itu tidak berakhir dengan kematian, hal itu sering kali mengakibatkan gangguan fisik atau mental serta kelumpuhan. Penderita migrain memiliki risiko lebih besar untuk terkena stroke.

Migrain kadang-kadang dapat menyebabkan stroke iskemik, menurut New England Journal of Medicine and MAGNUM (The National Migraine Association).

Sementara itu, menurut Dr. Stil Kountakis (yang dikutip dalam laporan ABC News), migrain juga disertai aura (tanda-tanda peringatan visual atau indikator lain yang mendahului serangan) yang terkait dengan peningkatan risiko serangan jantung dan depresi.

Jadi jangan pernah menganggap migrain yang Anda alami itu sepele. Jika sakit kepala itu terasa semakin buruk, segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat. (mdk/des)

Sering menderita migrain? Coba cium apel!

Dibanding obat, jahe lebih ampuh kalahkan migrain!

Vitamin D ampuh redakan migrain?

5 Cara mudah dan cepat redakan migrain

Migrain disebabkan oleh nyeri kaki?

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami