Bukannya Mengganggu, Kapalan di Telapak Kaki Ternyata Memiliki Manfaat Ini

SEHAT | 15 Juli 2019 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Kapalan yang muncul pada kaki seseorang sering dianggap sebagai sebuah hal tak berguna yang muncul di kaki. Biasanya seseorang akan berusaha menghilangkan kapalan di kaki ini mulai dari salep hingga batu apung.

Walau selama ini dianggap mengganggu, penelitian terbaru mengungkap manfaat sebenarnya dari kapalan ini. Dilansir dari Medical Daily, diketahui bahwa kapalan di kaki ini ternyata memiliki fungsi yang lebih baik dibanding bantalan sepatu yang paling baik.

Sejumlah penelitian mengklaim bahwa kapalan yang ditemukan pada kaki seseorang mungkin merupakan pelindungmu ketika berjalan. Faktanya, pada bagian kaki kapalan tersebut seseorang tidak terganggu sensitivitasnya terhadap permukaan.

Hal tersebut tentu sangat berbeda dengan ketika kamu menggunakan sepatu karena tebalnya bantalan pelindung yang ada. Walau nyaman digunakan, sepatu ini membuatmu tidak bisa merasakan permukaan secara akurat.

Peneliti dari temuan ini, Daniel Lieberman menyebut bahwa penelitian ini dilakukan untuk melihat perbedaan antara sepatu modern dengan sepatu natural yang dipakai sejak ribuan tahun lalu. Lieberman menemukan bahwa kapalan di kaki merupakan hal normal dan memiliki sejumlah manfaat.

Walau kapalan ini memiliki manfaat bagi seseorang, tapi tetap tidak disarankan untuk berjalan telanjang kaki terutama bagi orang dengan kondisi tertentu. Para pemiliki diabetes merupakan orang yang sebaiknya tidak berjalan telanjang kaki atau membiarkan munculnya kapalan karena dapat menyebabkan sejumlah risiko.

Selain pada penderita diabetes, seseorang dengan masalah saraf di kaki juga harus selalu menggunakan alas kaki. Hal ini bisa menghindari munculnya cedera berlebih dari berjalan telanjang kaki.

Lieberman menegaskan bahwa harus ada penelitian yang membandingkan bantalan sepatu modern dengan telapak kaki minim atau sepatu dengan sol lebih tipis atau tebal. Dia menyebut bahwa alas kaki tipis serupa dengan kapalan tebal di kaki.

Baca juga:
Teknik Pernapasan Buteyko Sebaiknya Tidak Dilakukan pada Anak
Jaga Kesehatan Kulit, Hindari Mandi Terlalu Lama Saat Musim Kemarau
Mengapa Mengonsumsi Karbohidrat Bisa Membuat Perut Semakin Membuncit
Kebiasaan Konsumsi Makanan Olahan Bisa Menimbulkan Masalah Kesuburan pada Pria
Menyekolahkan Anak di PAUD Bisa Bantu Optimalkan Pertumbuhan Otaknya
5 Tips Sederhana yang Bisa Membantu Ibu dalam Memberi ASI pada Sang Buah Hati

(mdk/RWP)

BERI KOMENTAR
Join Merdeka.com