Bulu Mata Palsu Bisa Meningkatkan Risiko Munculnya Kutu Bulu Mata

SEHAT | 6 Desember 2019 06:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Penggunaan bulu mata palsu atau ekstensi bulu mata merupakan suatu hal yang banyak dilakukan oleh wanita pada saat ini. Hal ini mereka lakukan untuk membuat penampilan lebih menarik dan memukau.

Penggunaan bulu mata palsu atau ekstensi ini ternyata bisa menimbulkan masalah kesehatan. Dilansir dari Medical Daily, hal ini disebut bisa meningkatkan potensi kutu pada bagian tersebut.

menurut pakar, kutu bulu mata cukup berbeda dibanding pada kutu yang ditemukan di kepala. Kutu ini juga cukup berbeda dari kutu mikroskopik yang tidak tampak oleh mata telanjang.

Kutu bulu mata ini merupakan makhluk kecil yang biasa mengonsumsi sebum pada folikel dan juga lemak. Walau kecil, kutu ini bisa tampak bergerak seperti pasir jika banyak dai mereka yang berjalan.

"Pada tungau, kebersihan memiliki peran yang sangat penting," terag Judy Diaz dan Tien Du dari Lice Clinic of America.

Oleh karena itu, pakar kesehatan menyarankan agar semua orang untuk menjaga kebersihan. Hal ini merupakan cara paling mudah untuk mencegah masalah kutu di bulu mata.

1 dari 1 halaman

Kutu Bulu Mata Mudah Menyebar

"Semua orang memilikinya, mereka merupakan mikroorganisme atau tungau yang berada di kulit. Mereka tumbuh di sana, bereproduksi, dan mati. Namun sebagian besar dari kita tidak menyadarinya. Ketika pertahanan kita menurun, parasit ini memanifestasi diri sendiri pada folikel tempat bulu mata," jelas Valeria Camacho dari Armando Romo beauty clinic.

Kutu bulu mata yang biasa disebut demodex ini biasanya memakan sebum di sekitar folikel rambut dan juga bisa sangat menular walau berukuran kecil. Mereka bisa berpindah pada orang lain tanpa disadari dan juga bisa menyebabkan komplikasi mata.

Menurut pakar, menyebarnya kutu bisa terjadi ketika orang yang sering menggunakan bulu mata palsu tidak membersihkannya dengan pasti. Ketika berpindah, gejala umum dari masalah ini melingkupi kemerahan, peradangan, juga rasa gatal.

Ketika seseorang telah terinfeksi masalah ini, untuk mencegahnya kamu bisa mencuci wajah secara rutin dengan air hangat bersabun. Hal ini bisa menghentikan minyak yang jadi bahan makan tungau. (mdk/RWP)

Baca juga:
6 Hal yang Bisa Jadi Penanda Adanya Kutu Rambut di Kepalamu
3 Cara Mudah dan Sederhana untuk Mengatasi Kutu Rambut yang Mengganggu
Mouthwash Ternyata Bisa Digunakan untuk Menghilangkan ketombe dan Kutu Rambut
9 Cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya secara alami dan permanen
Enyahkan kutu rambut yang mengganggu dengan 5 bahan alami ini

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.