Buruknya Kondisi Kesehatan Mulut Bisa Sebabkan Penurunan Kognitif

SEHAT | 10 September 2019 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Menjaga kebersihan dan kesehatan mulut merupakan hal yang penting dilakukan semua orang setiap hari. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah sejumlah masalah kesehatan baik di gigi, gusi, maupun bibir.

Ketika mulut mengalami masalah, maka kita tidak akan nyaman untuk makan atau juga berbicara. Masalah yang dialami ketika kesehatan mulut terjadi ini bahkan bisa menyebabkan masalah lebih lanjut.

Diketahui bahwa kesehatan mulut yang buruk bisa menurunkan kualitas hidup. Dilansir dari The Health Site, hal ini bahkan bisa menimbulkan depresi, hipertensi, serta penurunan kognitif.

Hasil penelitian ini telah dipublikasikan di ‘Journal of the American Geriatrics Society’. Temuan ini didapat usai dilakukan wawancara terhadap 2.700 partisipan dengan usia di atas 60 tahun.

Dari penelitian tersebut, hampir 50 persen partisipan mengalami masalah gigi. Sedangkan 35,5 persen narasumber mengaku mengalami mulut kering.

1 dari 3 halaman

Sejumlah Masalah Mulut yang Terjadi

Pada penelitian pertama, mereka yang memiliki masalah pada gigi mengalami penurunan kognisi dan memori episodik yang merupakan tanda awal dari demensia. Pada penelitian kedua, peneliti menemukan bahwa stres bisa meningkatkan gejala mulut kering yang berujung pada kondisi kesehatan mulut yang memburuk.

2 dari 3 halaman

Masalah Mulut Lebih rentan Dialami Golongan Minoritas

"Etnis dan ras minoritas cenderung lebih rentan terhadap konsekuensi negatif dari kesehatan mulut yang buruk," terang XinQi Dong, direktor dari Rutgers University’s Institute.

"Minoritas memiliki akses yang lebih buruk untuk perawatan pencegahan masalah mulut karena hambatan bahasa dan status sosial ekonomi yang rendah. Warga Amerika Serikat keturunan China yang lebih tua mengalami risiko mengalami masalah kesehatan mulut karena tidak adanya asuransi kesehatan mulut atau tidak pergi ke klinik secara rutin," terang Dong.

3 dari 3 halaman

Bisa Sebabkan Penurunan Ingatan

Di antara temuan penting yang ditemukan penelitian ini adalah bahwa 47,8 persen orang tua ini memiliki masalah gigi. Mereka yang mengalami masalah gigi ini mengalami penurunan kognisi secara keseluruhan serta menurunnya ingatan yang mereka miliki.

"Pada penelitian kamu, meningkatnya jumlah mulut kering ini diikuti dengan diabetes dan penyakit jantung. Hasil temuan kami menunjukkan pentingnya mempelajari hubungan antara stres dan mulut kering pada masayakat ini," terang Weiyu Mao, asisten profesor dari University of Nevada, Reno. (mdk/RWP)

Baca juga:
Ini Hal yang Perlu Disiapkan Orangtua Sebelum Mengajak ABK ke Dokter Gigi
Apakah Bertukar Sikat Gigi Bisa Timbulkan Dampak Seperti Berciuman?
4 Makanan yang Bisa Menyebabkan Munculnya Gigi Berlubang
Tak Hanya Secara Kesehatan, Gigi Berlubang pada Anak Bisa Sebabkan Masalah Psikologis
Begini Cara Penting yang Harus Diketahui untuk Merawat Kesehatan Gigi Anak
Begini Cara Mencegah Bayi Lahir dengan Bibir dan Lelangit Sumbing