Canggihnya Jam Tangan Pintar Pengingat Cuci Tangan

Canggihnya Jam Tangan Pintar Pengingat Cuci Tangan
cuci tangan. ©2020 Merdeka.com
SEHAT | 8 November 2020 22:00 Reporter : Titah Mranani

Merdeka.com - Cuci tangan merupakan kebiasaan yang sedang digalakkan di berbagai negara untuk mencegah penyebaran virus corona. Menurut penelitian yang dilakukan Universitas New South Wales pada 2015, menjelaskan bahwa seseorang menyentuh wajah rata-rata 23 kali per jam. Dengan perhitungan 10 sentuhan di daerah mata, hidung atau mulut, yang bisa menyebabkan infeksi bakteri dan virus.

Untuk menciptakan kebiasaan cuci tangan di masyarakat, Samsung melansir aplikasi Hand Wash bagi pengguna koleksi jam tangan pintar yang disebut Samsung Wearable. Aplikasi tersebut bisa diunduh bagi pengguna Hear S3, Gear Sport, Galaxy Watch, Galaxy Watch Active dan Galaxy Watch Active2.

Aplikasi Hand Wash tersebut tersambung dengan jam tangan pintar Samsung, untuk mengingatkan cuci tangan pada waktu yang telah dijadwalkan secara teratur. Dalam aplikasi tersebut mencakup fungsi alarm yang dapat disesuaikan pengaturan waktu alarm.

Sesuai dengan rekomendasi WHO, sebaiknya kita mencuci tangan selama 20 detik. Atau sebagai acuannya, kamu bisa menyanyikan lagu "Selamat Ulang Tahun" dua kali. Tapi, hal tersebut tentu saja tidak praktis, sehingga aplikasi Hand Wash dilengkapi fitur hitung mundur selama 25 detik. lima detik pertama untuk mengoleskan sabun dan 20 detik sisanya untuk menggosok.

Setelah alarm cuci tangan berbunyi, kamu bisa dengan mudah mengetuk dan menggeser jam tersebut untuk menghitung mundur. Jam tangan pintar tersebut juga tahan air, sehingga kamu tidak perlu melepasnya saat cuci tangan.

Tak hanya untuk mengingatkan, aplikasi hand wash juga bisa melacak kapan terakhir kali kamu cuci tangan, meninjau jumlah target cuci tangan harian, serta sudah berapa kali kamu sudah cuci tangan dalam satu hari. Perlu diingat juga bahwa jam tangan pintar ini juga mencatat jumlah mencuci tangan dalam satu minggu sehingga bisa membantu kamu untuk menciptakan kebiasaan baru.

Sumber : Fimela

Reporter : Vinsensia Dianawanti (mdk/ttm)

Baca juga:
VIDEOGRAFIS: Jika Anak Terinfeksi Covid-19, Apa yang Harus Dilakukan?
VIDEO: Memaknai Pandemi Covid-19 dari Perspektif Agama
VIDEO: Catat, Ini Aturan Penyelenggaraan Umrah di Masa Pandemi Covid-19
VIDEOGRAFIS: Cara Kerja Masker Mencegah Penularan Covid-19
VIDEO: Meminimalisasi Risiko Penyebaran Covid-19 di Rumah
VIDEOGRAFIS: Menjawab Keraguan Soal Vaksin Sinovac

Ingat #PesanIbu

Jangan lupa Selalu Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak Mari Bersama Cegah Penyebaran Virus Corona

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami