Cara Aman Mencuci Tangan Jika Kamu Mengalami Ruam Kulit

Cara Aman Mencuci Tangan Jika Kamu Mengalami Ruam Kulit
SEHAT | 24 Oktober 2020 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Perubahan perilaku merupakan hal yang penting dilakukan pada masa pandemi COVID-19 seperti sekarang. Mencuci tangan, menggunakan masker, serta menjaga jarak merupakan kunci mencegah pernyebaran infeksi virus ini.

Sayangnya pada beberapa kondisi, penggunaan masker serta rajin mencuci tangan ini kerap sulit dilakukan beberapa orang. Hal ini terutama dialami oleh mereka yang memiliki masalah kulit berupa ruam atau eksim.

Dilansir dari Channel News Asia, penggunaan masker dan rajin mencuci tangan ini menyebabkan masalah eksim ini terus meningkat pada saat ini. Padahal, kedua hal ini sangat penting untuk dilakukan.

"Pandemi telah mengubah cara perawatan kulit kita secara mendasar. Cuci tangan dengan rutin dan penggunaan pembersih antiseptik serta hand sanitiser sangat penting pada masa-masa ini. Walau begitu, praktik ini bisa menyakiti pelindung kulit yang rentan pada pasien dermatitis atopik, berujung iritasi kulit yang parah serta peradangan," terang dr Eileen Tan, pakar kulit dari Mount Elizabeth Novena Hospital’s Eileen Tan Skin Clinic & Associates.

Walau begitu, seperti telah dibahas sebelumnya mencuci tangan merupakan hal yang penting dilakukan. Ketika kamu mengalami eksim, lalu bagaimana cara tepat untuk melakukan disinfeksi pada tangan?

Baca Selanjutnya: Mencuci Tangan Tanpa Memperparah Eksim...

Halaman

(mdk/RWP)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami