Cara Jitu untuk Mengatasi Masalah Makan yang Dialami oleh Lansia

Cara Jitu untuk Mengatasi Masalah Makan yang Dialami oleh Lansia
SEHAT | 27 Oktober 2020 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Bagi banyak orang lanjut usia atau lansia, masalah makan adalah sebuah hal yang kerap dialami. Hal ini bisa dipicu oleh penyakit kronis, depresi, hingga kesepian.

Guna mengatasi masalah makan pada lansia, Konsultan Geriatri Dr dr Czeresna Heriawan Soejono SpPD-KGer, MEpid, MPH membagikan kiat-kiat yang dapat diikuti. Kiat pertama yang dapat dicoba adalah mengubah frekuensi makan.

“Perubahan frekuensi makan bisa kita lakukan, porsinya menjadi sedikit tapi sering. Kalau diberikan satu kali dalam porsi besar, pengosongan lambungnya menjadi lebih lama. Kalau kita berikan porsinya kecil-kecil maka itu akan mempercepat proses munculnya rasa lapar,” ujar Czeresna dalam webinar Geriatri TV belum lama ini.

Kiat kedua adalah memodifikasi bentuk makanan. Cara ini dapat dilakukan jika lansia tidak mampu mengunyah makanan yang berbentuk padat. Tampilan dan aroma makanan pun penting, jangan sampai mengubah atau memengaruhi selera makan lansia.

“Kalau perlu kita lakukan edukasi sedemikian rupa agar nutrisi bisa dikonsumsi dengan baik. Proses pembiasaan perlu dilakukan semenjak belum terlalu lanjut usianya sehingga lebih mudah menjadi bagian dari kebiasaan hidup sehari-hari," katanya.

Baca Selanjutnya: Mengatur Porsi...

Halaman

(mdk/RWP)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami