Cara Mencegah Kacamata Berembun saat Menggunakan Masker

Cara Mencegah Kacamata Berembun saat Menggunakan Masker
SEHAT | 23 Mei 2020 18:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Penggunaan masker saat bepergian merupakan sebuah hal yang umum dilakukan pada saat ini. Sayangnya pada pengguna kacamata, penggunaan masker ini bisa memunculkan masalah.

Salah satu gangguan yang kerap dialami pada saat menggunakan masker adalah kondisi kacamata yang berembun. Hal ini rentan dialami dan membuat banyak pengguna kacamata cukup kesulitan ketika memakai masker.

Munculnya embun pada kacamata ini disebabkan napas kita yang hangat menyusup melalui ujung atas masker melalui sudut. Ketika udara panas ini menempel pada lensa yang dingin, hal ini menyebabkan munculnya embun di kaca.

Sejumlah cara bisa kamu terapkan untuk mencegah munculnya embun di kacamata pada saat menggunakan masker. Dilansir dari Channels News Asia, berikut sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah kacamata berembun ketika menggunakan masker.

1 dari 3 halaman

Merapatkan Masker pada Bagian Atas

Menutup celah dan mempererat bagian atas masker bisa mencegah munculnya embun pada kaca mata. Hal ini bisa membantu uap panas dari mulut dan hidung tidak menyusup keluar melalui bagian atas masker.

Terdapat sejumlah cara untuk merapatkan penutup ini, tergantung dari jenis masker yang kamu gunakan. Pada masker medis, kamu bisa melengkungkan bagian besi di hidung agar bisa menutup sempurna.

Pada masker yang menggunakan tali, kamu bisa menarik tali hingga benar-benar rapat. Kamu juga bisa menutup celah di bagian atas dengan menggunakan selotip untuk memastikan agar tidak ada udara yang keluar. Pastikan saja jangan menggunakan selotip bagi kertas atau produk rumahan.

Kamu juga bisa menaikkan masker kemudian menimpanya dengan kacamata untuk membuatnya tertutup. Pastikan kacamata benar-benar berada di atas masker untuk mencegah embun ini menyusup.

2 dari 3 halaman

Menyiasati Kacamata Agar Embun Tak Menempel

Selain merapatkan masker, kamu juga bisa menerapkan sejumlah cara yang bisa diterapkan pada kacamata. Cara ini bakal memberi lapisan pada kacamata sehingga mencegah munculnya embun.

Penelitian pada tahun 2011 mengungkap bahwa mencuci kacamata menggunakan air sabun dan mengeringkannya bisa membantu mengatasi masalah ini. Lapisan dari sabun ini bisa menghentikan terbentuknya molekul air yang bisa berujung menjadi embun.

Selain sabun, beberapan hal lain juga bisa digunakan seperti sampo anak, pasta gigi, serta krim bercukur. Namun perhatikan penggunaan sejumlah hal ini karena lapisan ini juga bisa membuat kacamata menjadi buram.

3 dari 3 halaman

Apa yang Harus Dilakukan Jika Semua Cara Tersebut Tak Berhasil?

Saat ini banyak kacamata yang memiliki lapisan pelindung khusus yang bisa mencegah debu menempel. Sayangnya, lapisan tersebut bisa membuat cara mencegah embun seperti menggunakan air sabun tidak bekerja dengan semestinya.

Pada kacamata jenis ini, hal yang bisa kamu lakukan adalah sedikit menurunkan atau menjauhkan kacamata dari posisimu biasanya. Kamu juga bisa menerapkan cara yang membuat kacamata berada di atas masker. (mdk/RWP)

Baca juga:
Konsumsi Makanan Tinggi Lemak Bisa Buat Seseorang Jadi 'Lemot'
Kenali Sejumlah Gaya Hidup yang Buat Seseorang Berisiko Terkena Kanker Usus
5 Hal yang Bisa Jadi Penyebab Menstruasi Tak Kunjung Usai
Susu Bisa Jadi Pilihan Minuman yang Tepat dan Menyehatkan untuk Berbuka Puasa
6 Bahan Makanan yang Bisa Menjadi Ramuan untuk Membuat Kulit Jadi Berkilau
4 Cara untuk Cegah Dirimu Kelebihan Konsumsi Gula pada Kehidupan Sehari-Hari

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami