Cara Terhindar Paparan Covid-19 Ala Prajurit TNI

Cara Terhindar Paparan Covid-19 Ala Prajurit TNI
SEHAT | 28 Oktober 2020 16:51 Reporter : Dwi Zain Musofa

Merdeka.com - Covid-19 sampai saat ini masih jadi salah satu momok di masyarakat. Mudahnya virus ini menular hingga risiko kematian yang dibawa membuat banyak cara dilakukan agar tak terpapar. Kiat tak terpapar Covid-19 juga dibagikan Panglima Kodam Jaya, Mayjen TNI Dudung Abdurachman.

Mayjen Dudung mengatakan sangat memedulikan kondisi kesehatan pasukannya selama masa pandemi. Harapannya, agar tetap prima menjalankan tugas dan terhindar dari penularan Covid-19.

Mayjen Dudung mengungkapkan sebagai upaya mencegah penularan Covid-19 di lingkungan Kodam Jaya, para prajurit diharuskan olahraga rutin, mengonsumsi makanan bergizi, serta memberikan multivitamin yang cukup.

"Kita 'maintenance' (pelihara) betul, olahraganya, vitaminnya dan segala macamnya," kata Mayjen Dudung di Kantor Berita ANTARA. Demikian dilansir dari Antara, Selasa (27/10).

Dudung mengatakan, hingga kini pasukan yang berada di wilayah Kodam Jaya dengan jumlah mencapai 13.908 orang tersebar di wilayah Jadetabek dalam kondisi kuat dan solid.

"Kalau di TNI memang ada satu dua orang terpapar, tapi tidak banyak. Kita harus kuat, hadapin demo nanti bagaimana, kalau kitanya sakit," ujar Dudung.

Tidak hanya pencegahan di kalangan pasukan saja, Kodam Jaya juga mensosialisasikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 kepada masyarakat dengan melibatkan peran emak-emak.

Program hasil kolaborasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) itu dinilai cukup efektif meningkatkan kesadaran masyarakat menjalankan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. (mdk/dzm)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami