Cegah infeksi saluran kemih dengan 4 cara ini!

SEHAT | 7 November 2013 11:14 Reporter : Kun Sila Ananda

Merdeka.com - Jika Anda pernah merasakan infeksi saluran kemih, Anda pasti mengetahui bagaimana rasanya. Infeksi saluran kemih terasa sakit dan bahkan bisa menyebabkan demam berkepanjangan. Infeksi ini disebabkan oleh adanya bakteri yang masuk ke uretra dan terbawa ke kandung kemih.

Jangan remehkan infeksi saluran kemih, karena jika tak segera diatasi bakteri akan masuk ke ginjal dan menyebabkan infeksi yang lebih serius. Sebelum terkena infeksi ini, sebaiknya lakukan beberapa hal berikut untuk mencegahnya, seperti dilansir oleh You Beauty (01/11).

1. Pipis setelah berhubungan seksual
Kebanyakan orang mungkin bertanya-tanya, apakah mereka perlu buang air kecil setelah bercinta. Jawabannya 'iya'. Dengan buang air kecil setelah berhubungan seksual, Anda akan mengeluarkan bakteri yang bisa saja masuk ketika bercinta. Selain itu, pastikan juga Anda banyak minum air untuk mengeluarkan bakteri dari kandung kemih.

2. Makan cranberry
Cranberry dikenal sebagai buah yang bisa menangkal infeksi saluran kemih. Buah ini mengandung flavanol yang disebut proanthocyanidin (PAC) yang bisa mencegah bakteri menempel pada saluran kemih. Sehingga sebelum menyebabkan infeksi, bakteri sudah dikeluarkan bersama urine. Untuk pencegahan, Anda tak perlu mengonsumsi terlalu banyak jus cranberry. Anda bisa mengonsumsi suplemennya.

3. Membersihkan daerah pribadi dengan benar
Perhatikan cara Anda membersihkan daerah pribadi. Ketika selesai buang air kecil atau buang air besar, selalu siram daerah pribadi dari depan ke belakang, bukan sebaliknya. Penyebab infeksi saluran kemih yang paling besar adalah bakteri E.coli. Bakteri ini datang dari daerah anus ketika seseorang menyiram dari belakang ke depan atau mengelap daerah pribadi dari belakang ke depan setelah buang air kecil atau besar.

4. Jangan berendam terlalu lama
Semua orang tentunya suka berendam dalam bak mandi berlama-lama. Selain meredakan stres, mereka juga bisa merasa santai. Namun sebaiknya jangan lakukan itu terlalu sering dan jangan terlalu lama berendam dalam air. Terlalu lama berada dalam air hanya akan mengundang bakteri untuk masuk ke bagian pribadi Anda dan menyebabkan infeksi.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya infeksi saluran kemih. Jangan meremehkan penyakit ini. Lebih baik mencegah sebelum Anda terkena infeksi dan harus kesulitan mengobatinya!

(mdk/kun)