Cegah Munculnya Jerawat di Bibir dengan Cara Mudah ini
SEHAT | 12 Februari 2019 13:06 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Jerawat yang muncul di wilayah bibir seseorang bisa terjadi karena beberapa penyebab. Mulai perubahan kebiasaan hingga cara bercukur yang tak tepat dapat menimbulkan infeksi yang menyebabkan munculnya jerawat di bibir ini.

Hal lain yang membuat masalah ini cukup pelik adalah pada beberapa kasus, jerawat ini sulit dibedakan dengan herpes. Oleh karena itu, butuh diagnosis dan juga cara penanganan yang tepat untuk mengatasi masalah ini.

Dilansir dari Men's Health, Kenneth Howe, MD, dermatologis dari New York City menyebut cara untuk membedakan kedua hal ini adalah dengan melihat dari gejala dan bentuknya. Jerawat cenderung berbentuk lingkaran sempurna, sedangkan herpes bentuknya lebih tak beraturan.

"Jika muncul perasaan menggelitik, kebas, atau sakit sebelum munculnya benjolan tersebut di bibirmu, hal itu jadi pertanda bahwa kamu mengalami herpes," terang Howe.

Untuk mengatasi kedua masalah tersebut, Howe menyebut bahwa tak ada perbedaan dalam pengobatannya.

"Jika kamu datang menemui saya untuk mengobatinya, kami akan menyuntikkan kortison baik pada jerawat maupun herpes," terang Howe.

"Suntikan ini bisa membuat waktu pemulihan yang seharusnya antara empat hingga tujuh hari menjadi satu hingga dua hari saja, tergantung seberapa parah masalahnya," sambungnya.

Untuk pengobatan di rumah, Howe merekomendasikan untuk menggunakan losion pengering atau krim jerawat yang mengandung benzoyl peroxide. Menggunakannya banyak-banyak dapat memiliki efek mengeringkan dan mengempiskan masalah tersebut.

Kesalahan yang kerap dilakukan ketika menyalepi atau mengobati jerawat sendiri adalah karena memencetnya dengan jari. Hal ini disebutnya justru dapat membuat jerawat semakin parah.

"Jari kita merupakan instrumen yang tak tepat untuk melakukan hal tersebut karena sentuhannya lebih banyak dibanding instrumen yang saya gunakan," tutur Howe.

"Orang sering memperoleh lubang dari jerawat lain karena mereka memencet pori-pori di sekitarnya secara bersamaan dengan jari mereka," sambungnya.

Untuk menghindari munculnya kembali masalah jerawat di bibir ini, Howe menyebut bahwa kita harus bercukur dengan hati-hati.

"Bercukurlah secara hari-hati setelah mandi air panas," terang Howe.

"Sebaiknya gunakan handuk panas sebelum bercukur, gunakan gel cukur yang baik, dan lakukan dengan pelan-pelan," sarannya.

Berhati-hati secara ekstra dalam bercukur ini juga dapat membuat wajah tidak terluka dan memastikan seluruh rambut yang hendak dicukur benar-benar terpangkas.

Baca juga:
7 Hal yang Jadi Biang Kerok Rasa Gatal di Pantat Kamu
Langkah Penting yang harus Kamu Lakukan untuk Cegah Jerawat di Pantat
25 Makanan untuk Kulit Cantik, Awet Muda, dan Bebas Masalah
Pentingnya Menjaga Kebersihan Pusar Secara Teratur
Lebih Sering Membersihkan Wajah Bukan Berarti Lebih Baik
Bolehkah Membersihkan Wajah Menggunakan Sabun Mandi?
3 Penyakit yang Mungkin Muncul Ketika Terlalu Lama Menggunakan Kaus Kaki Basah

(mdk/RWP)