Covid-19 Varian Delta Bisa Menular Seperti Cacar Air

Covid-19 Varian Delta Bisa Menular Seperti Cacar Air
Ilustrasi Virus Corona. ©2020 Merdeka.com/ cdc
SEHAT | 31 Juli 2021 22:32 Reporter : Dwi Zain Musofa

Merdeka.com - Meningkatnya jumlah kasus positif di tanah air salah satunya adalah karena paparan Covid-19 varian Delta. Penelitian terbaru dari Amerika Serikat menyebut jika Varian Delta bisa menular seperti cacar air.

Dokumen internal di Centers for Disease Control and Prevention atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), dalam The New York Times pada hari Jumat (30/7), melaporkan bahwa COVID-19 Varian Delta sama menularnya dengan chickenpox atau cacar air dan dapat menyebabkan sakit parah.

Laporan tersebut juga menyebutkan Varian Delta yang pertama kali dilaporkan di India lebih mudah menular daripada virus yang menyebabkan MERS, SARS, Ebola, flu biasa, flu musiman, dan cacar.

Laporan AS mengatakan Varian Delta jauh lebih mungkin akan menembus perlindungan mereka yang sudah diberikan vaksinasi, menambahkan bahwa keputusan CDC untuk mengembalikan pedoman bermasker untuk warga yang divaksinasi penuh pada hari Selasa.

Direktur CDC, Rochelle Walensky mengatakan penelitian baru menunjukkan orang yang divaksinasi dan terinfeksi varian Delta membawa sejumlah besar virus di hidung dan tenggorokan.

"(Temuan itu) mengkhawatirkan dan merupakan penemuan penting yang mengarah pada rekomendasi masker yang diperbarui dari CDC," kata Walensky.

Sebelumnya, badan tersebut mengatakan bahwa mereka yang sudah divaksinasi tidak perlu memakai masker dalam ruangan.

Menurut para ahli yang dikutip, CDC menggambarkan bahwa vaksin sangat efektif dalam mencegah penyakit serius, rawat inap, dan kematian pada orang yang divaksinasi.

Reporter:Ielyfia Prasetio
Sumber: Liputan6.com (mdk/dzm)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami