Cuaca Lembap dan Berangin Bisa Jadi Penyebab Kumatnya Radang Sendi

SEHAT | 29 Oktober 2019 12:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Seseorang dengan masalah nyeri kronis cenderung untuk merasa lebih sakit pada cuaca tertentu. Masalah ini bakal terasa lebih sakit saat cuaca lembap dan berangin.

Dilansir dari Independent, peneliti dari University of Manchester melakukan penelitian terhadap 13.000 orang di seluruh Inggris yang memiliki masalah kesehatan jangka panjang. Mereka menyelidiki apakah cuaca buruk bisa membuat kondisi penderita arthritis, fibromyalgia, dan nyeri neuropatik semakin buruk.

Partisipan diminta untuk mencatat gejala penyakit sehari-hari mereka selama lebih dari enam bulan. Selain itu cuaca setiap hari juga dicatat berdasar data dari GPS di smartphone.

Penelitian menunjukkan bahwa cuaca buruk memang berdampak terhadap masalah kesehatan. Seseorang 20 persen lebih mungkin menderita masalah nyeri pada hari ketika cuaca lembap dan berangin serta memiliki tekanan atmosfer rendah.

Sebaliknya, pada hari yang cerah hal tersebut tak terjadi. Pada hari yang kering atau ketika terjadi perubahan hujan atau bahkan saat hujan, masalah nyeri ini tak muncul.

1 dari 1 halaman

Cuaca Ternyata Mempengaruhi Munculnya Rasa Sakit dan Nyeri

Tim peneliti mengungkap bahwa hubungan ini tetap muncul walau mempertimbangkan mood serta kondisi tidak aktif secara fisik. Dua hal tersebut bisa jadi faktor tambahan terhadap rasa sakit.

"Cuaca diketahui bisa mempengaruhi gejala pada pasien dengan arthritis sejak masa sokter Yunani kuno, Hipokrates," jelas Professor Will Dixon yang terlibat di penelitian ini.

"Sekitar tiga per empat orang yang memiliki arthritis percaya bahwa rasa sakit ini dipengaruhi oleh cuaca," sambungnya.

Penelitian ini bakal menjadi pintu masuk untuk mempelajari lebih lanjut mengapa kelembapan berhubungan dengan rasa sakit. Selain itu, pasien juga bisa menyesuaikan jadwal kegiatan mereka dengan ramalan cuaca untuk mengatasi masalah yang mereka alami. (mdk/RWP)

Baca juga:
2 Alasan Mengapa Bakteri Difteri Perlu Sangat Diwaspadai
5 Bahaya Mengancam dari Kasur yang Diletakkan Langsung di Atas Lantai
Menurut Dokter, Sedia Air Putih untuk Cegah Dehidrasi saat Cuaca Panas
Ini Penyebab Mengapa Kita Merasa Ingin Buang Air Besar Saat Berolahraga
Ini Alasan Mengapa Kamu Kalap Makan Terlalu Banyak pada Malam Hari
6 Hal yang Bisa Jadi Penanda Adanya Kutu Rambut di Kepalamu