Cuci Tangan yang Benar Putus Rantai Virus Covid-19

Cuci Tangan yang Benar Putus Rantai Virus Covid-19
Infografis Cara Mencuci Tangan. ©2020 Merdeka.com
SEHAT | 9 November 2020 06:00 Reporter : Titah Mranani

Merdeka.com - Menyebarnya virus corona di seluruh penjuru dunia membuat banyak orang kelimpungan. Musuh tak kasat mata tersebut membuat orang menjadi lebih waspada dan mencoba untuk menerapkan kebiasaan baru.

Berdasarkan panduan WHO, untuk mengurangi dan memutus rantai penyebaran virus corona, kita harus menerapkan personal hygine. Yaitu menjaga kebersihan tangan dan saluran pernafasan. Sejalan dengan panduan tersebut, Ikatan Dokter Indonesia dan Persatuan Dokter Paru Indonesia plus dukungan Mundipharma Healthcare Indonesia tak bosan mengingatkan cara mencegah dan putus rantai virus corona.

Cara paling mudah, namun sering kali kita abaikan adalah mencuci tangan sebelum memegang mulut, hidung dan mata. Jangan lupa juga untuk selalu mencuci tangan setelah memegang instalasi publik. Cuci tangan mu dengan air mengalir dan sabun cair selama 20 detik, lalu lap hingga kering.

"WHO merekomendasikan langkah mencuci tangan dimulai dari telapak, punggung, sela-sela jari, dan ibu jari, lalu bilas dengan kering yang diestimasikan sekitar 20 detik," ujar Ketua Umum Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia DR. Dr Agus Dwi Susanto, Sp.P(K), FISR, FAPSR di Doubletree Hotel, Jakarta.

The Association for Professionals in Infection Control and Epidemiology (APIC) dan The US Centers for Disease control (CDC) merekomendasikan penggunaan sabun antiseptik untuk membunuh dan menghambat pertumbuhan organisme da mengurangi jumlah mikroba.

"Salah satu antiseptik Povidone Iodine atau PVP-I terbukti secara klinis memiliki spektrum luas terhadap virus seperti coronavirus (hCOV, SARS-COV, dan MERS,COV). Maka menjaga kebersihan tangan dengan mencuci menggunakan sabun antiseptik yang mengandung povidone iodine atau hand sanitizer yang mengandung alkohol 70% sangat dianjurkan," timpal Medical Director Mundipharma South East Asia dr Murtaza Qasuri di kesempatan yang sama.

Sumber : Fimela

Reporter : Novi Nadya (mdk/ttm)

Baca juga:
VIDEOGRAFIS: Perbedaan Vaksin, Vaksinasi, dan Imunisasi
VIDEO: Indonesia Bersiap Vaksinasi Covid 19 pada Desember 2020
VIDEOGRAFIS: Umrah Aman di Tengah Pandemi Covid-19
VIDEOGRAFIS: Mencegah Penyebaran Covid-19 di Garis Depan
VIDEOGRAFIS: Langkah Jitu Agar Pasar Tradisional Aman dari Penyebaran Virus Corona

Ingat #PesanIbu

Jangan lupa Selalu Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak Mari Bersama Cegah Penyebaran Virus Corona

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami