Cukup Minum Air Putih jadi Cara Penting untuk Jaga Kekebalan Tubuh

Cukup Minum Air Putih jadi Cara Penting untuk Jaga Kekebalan Tubuh
Ilustrasi minum air putih. Shutterstock/lightwavemedia
SEHAT | 13 April 2021 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Konsumsi air putih merupakan salah satu hal paling penting dalam menjaga kesehatan kita. konsumsi air putih yang tepat juga bisa membantu dalam membentuk kekebalan tubuh.

Dokter spesialis penyakit dalam dr. Sukamto Koesnoe, SpPD-KAI menyebut air penting untuk menjaga fungsi sistem imun tetap optimal. Hal tersebut ia sampaikan dalam webinar beberapa waktu lalu.

Sukamto menjelaskan, kalau ada benda asing, virus, atau bakteri, tubuh akan memberikan respons secara alami, dengan memberikan sinyal komunikasi kepada sistem imun tubuh dari bagian eksternal sampai ke pertahanan yang spesifiknya sinyal komunikasi tersebut dikirim melalui pembuluh darah.

“Jadi kalau pembuluh darah itu kekurangan cairan atau dehidrasi maka sistem ini tidak akan optimal bekerja,” kata Sukamto.

Ia menambahkan, sistem peredaran darah berperan penting untuk mengalirkan nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh. Nutrisi dan oksigen tersebut kemudian digunakan dalam proses metabolisme termasuk pembentukan kulit, pembentukan mukosa, lendir, mukus, dan protein-protein untuk membentuk antibodi.

Kulit sebagai bagian dari pertahanan tubuh bawaan (non spesifik) akan kering jika tubuh kekurangan cairan. Akibatnya, tubuh akan rentan terluka, sementara luka menjadi pintu masuk bagi kuman atau bakteri.

Kekurangan cairan juga berdampak bagi pertahanan tubuh bawaan lainnya. Sukamto menyebut, jika air mata kering, kornea akan mudah rusak. Kelenjar mukosa mulut yang kering dapat meningkatkan risiko sariawan hingga infeksi. Sementara itu kekurangan cairan juga membuat lendir menjadi lebih kental sehingga lebih susah dikeluarkan.

“Maka dari itu kalau kita sedang mengalami infeksi saluran pernapasan, kita diminta untuk minum air yang cukup agar lendir ini menjadi cair, selain dokter akan memberikan obat untuk mengencerkan lendir tersebut,” ungkap Sukamto.

Baca Selanjutnya: Ganggu Fungsi Sistem Limfatik dan...

Halaman

(mdk/RWP)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami