Dalam Mengatasi Masalah Stunting, Keterlibatan Anak Juga Diperlukan

Dalam Mengatasi Masalah Stunting, Keterlibatan Anak Juga Diperlukan
Ilustrasi anak. ©2015 Merdeka.com/shutterstock/Anastasiia Markus
SEHAT | 6 April 2021 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Banyaknya kasus stunting yang terjadi di Indonesia tidak bisa diselesaikan secara sederhana hanya dari sisi kesehatan saja. Keterlibatan anak juga perlu dilakukan dalam mencegah masalah ini.

Inti Mudjiati, Kasubdit Penanggulangan, Masalah Gizi, Direktorat Gizi Masyarakat, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengatakan bahwa masalah stunting perlu ditangani secara multisektor.

Dikutip dari siaran pers di laman Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA), keterlibatan anak dalam mencegah stunting melalui edukasi gizi merupakan salah satu solusi yang baik.

Menurut Mudjiati, edukasi gizi menjadi sangat penting karena bisa dilakukan kapan saja. Selain itu, hal ini bisa dilakukan oleh anak kepada teman-teman sebayanya.

"Jangan sampai melakukan diet yang salah, kemudian bagaimana harus tetap mengkonsumsi buah dan sayur, dan melakukan asupan gizi seimbang, dan cerdas dalam memilih label pangan," kata Mudjiati dalam Webinar Aksi Serentak Anak Indonesia (AKSARA) 'Cegah Stunting Itu Penting' beberapa waktu lalu.

Mudjiati mengatakan, pola asuh menjadi salah satu penyebab stunting masih terjadi. Sehingga, masalah tersebut tak hanya berpotensi terjadi pada keluarga dengan kondisi sosial ekonomi rendah saja.

Baca Selanjutnya: Penyebab Masih Adanya Stunting...

Halaman

(mdk/RWP)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami