Dampak yang Muncul dari Setiap Posisi Tidur Terhadap Kulit Kamu

SEHAT | 8 April 2019 00:14 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Tidur disebut merupakan cara yang tepat untuk menjaga kesehatan kulit termasuk kulit wajah. Namun tidur juga bisa menyebabkan sejumlah masalah pada kulit kamu.

Posisi tidur yang kamu lakukan setiap malam bisa berakibat buruk terhadap kulit dan menyebabkan jerawat ataupun keriput. Dilansir dari Time of India, Dr. Kiran Lohia, pakar kulit dari Lumiere Dermatology menyebutkan dampak dari setiap posisi tidur terhadap kulit.

1 dari 4 halaman

1. Efek yang Ditimbulkan dari Tidur dengan Bantal

Tidur telentang merupakan posisi paling tepat untuk tidur. Dengan menggunakan bantal yang tepat, sudut 20-230 derajat dapat membantu mengalirkan cairan di dalam tubuh secara tepat.

Namun ketika kamu tidur dengan posisi miring atau telungkup dengan bantal, maka dapat mengakibatkan kulit wajah kotor dengan bakteri atau sisa krim yang baru kita gunakan yang menempel pada bantal. Cara terbaik untuk mengatasi hal ini adalah ganti dan cuci sarung bantal secara teratur.

2 dari 4 halaman

2. Efek yang Ditimbulkan dari Tidur Telungkup

Tidur dengan cara telungkup ini merupakan cara yang paling buruk bagi kesehatan kulit. Ketika tidur, kulit juga butuh bernapas sehingga posisi ini tak ideal karena dapat mengganggu pori-pori kulit. Hal ini bisa menyebabkan melebarnya pori-pori, serta munculnya garis dan jerawat di wajah.

Tidur telungkup membuat kulit mendapat tekanan selama lebih dari delapan jam setiap malam. Posisi ini dapat membuat wajah menjadi datar dan memicu munculnya keriput. Oleh karena itu, posisi ini sebaiknya dihindari secara total.

3 dari 4 halaman

3. Efek yang Ditimbulkan dari Tidur Miring

Walaupun efek buruk yang ditimbulkan tak sebanyak tidur telungkup, namun posisi ini juga tidak bisa dikatakan ideal untuk tidur. Ketika kamu tidur miring, kamu akan memberi tekanan yang luar biasa pada satu sisi tubuh.

Posisi tidur miring ini akan menekan tulang pipi dan memicu keriput pada satu sisi karena tekanan dan sentuhan. Selain itu, ketika kamu memakai produk perawatan kulit, posisi ini bisa membuat produk tersebut menyebar di bantal dan tak terserap oleh kulit.

4 dari 4 halaman

4. Efek yang Ditimbulkan dari Tidur Telentang

Tidur telentang merupakan posisi yang paling ideal untuk tidur. Pasalnya posisi ini tidak memberikan terlalu banyak tekanan pada kulit wajah, posisi ini menyebabkan semakin sedikit garis dan tekanan pada kontur wajah sehingga kulitmu tetap halus dan muda.

Sebagai perbandingan dengan tidur telungkup dan miring, ketika telentang, cairan tidak akan berkumpul di wajah dan membuatnya jadi bengkak. Selain itu, wajah tidak menyentuh bantal sehingga dapat mencegah iritasi yang terjadi dari pertukaran minyak, debu, dan kotoran lainnya.

Sejumlah perbedaan itu dapat dialami oleh kulit kamu dengan melakukan posisi tidur yang berbeda-beda. Untuk menjaga kesehatan kulit wajah, biasakan tidur dalam posisi telentang untuk mencegah munculnya berbagai masalah. (mdk/RWP)

Baca juga:
Walau Bisa Bikin Kulit Mulus, Luluran Tak Boleh Dilakukan Setiap Hari
Berjalan Kaki Tanpa Alas Kaki Juga Bisa Munculkan Bahaya Berikut Ini
Ketika Hamil, Waspadai Produk Perawatan Kulit Tertentu
Kutil pada Bagian Pribadi Tubuh Bisa Picu Munculnya Kanker
Secara Tak Terduga, Obat Tetes Ini Bisa Untuk Mengobati Luka Akibat Pisau Cukur
Sejumlah Bahaya yang mengancam Jika Anak-Anak Menggunakan Make Up
Masalah Kesehatan Kulit ini Bisa Mengancam Jika Terlalu Lama Terpapar Cahaya Matahari