Dari bau mulut hingga kram, ini 7 tanda tak biasa dari dehidrasi

Dari bau mulut hingga kram, ini 7 tanda tak biasa dari dehidrasi
SEHAT | 11 Oktober 2016 19:08 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum

Merdeka.com - Demi kelangsungan hidup, manusia selalu disarankan untuk banyak minum. Sebab sekitar 65% dari tubuh manusia terdiri dari air.

Ketika kamu tidak banyak minum air, bisa dipastikan kamu akan mengalami dehidrasi yang berujung dengan kerusakan sel hingga kegagalan organ. Biasanya, dehidrasi ditandai dengan mulut kering atau mudah lelah. Namun beberapa tanda tak biasa di bawah ini juga mengungkapkan bahwa kamu sedang mengalami dehidrasi.

Bau mulut

Bau mulut selain terkait karena adanya bakteri yang sembunyi di dalam mulut, juga terjadi saat kamu dehidrasi. Sebab saat kamu minum sedikit, maka produksi air liur menurun dan menyebabkan bau mulut.

kulit kering

Tanda lain dari dehidrasi adalah kulit kering dan bersisik.

Kram otot

Ketika tubuh tidak mendapatkan cukup air, maka otot dan jaringan juga mengalami dehidrasi sehingga sering menyebabkan kram otot.

Demam

Demam yang muncul juga bisa menjadi tanda lain dari dehidrasi. Sebab sistem kekebalan tubuh dan sel-sel tubuh jadi lemah sehingga kemampuannya untuk melawan penyakit akan berkurang.

Ngidam makanan tertentu

Saat keinginanmu untuk ngidam makanan tertentu muncul, terutama yang manis-manis, maka hal ini berarti kadar glukosa darahmu menurun. Dan ini menjadi salah satu tanda lain dari dehidrasi.

Sakit kepala

Saat kamu tidak mendapatkan cukup air, pasokan darah dari jantung ke otak akan menurun dan terjadi sakit kepala.

Sulit berkonsentrasi

Kamu sulit berkonsentrasi yang disertai dengan gelisah? Hal ini berarti otakmu tidak menerima suntikan oksigen secara cukup. Dan air sendiri membawa oksigen ke otak. (mdk/feb)

6 Alasan kenapa kamu selalu merasa haus meski udara tidak panas

Rasa cemas bikin orang jadi sering haus?

Apa yang terjadi di tubuh saat kamu hanya minum segelas air sehari?

Teliti, ini 4 pandangan keliru tentang minum air putih

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami