Demi Kesehatan, Sejumlah Hal ini Haram Kamu Lakukan di Atas Tempat Tidur

SEHAT | 4 Maret 2019 00:25 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Kasur atau tempat tidur kita di rumah merupakan salah satu tempat penting untuk menjaga kesehatan kita. Oleh karena itu, terdapat sejumlah hal yang sebaiknya kamu hindari untuk dilakukan di atas tempat ini.

Kondisi kasur yang sempurna untuk tidur bisa terwujud dengan melakukan sejumlah larangan. Dikumpulkan dari berbagai sumber, berikut sejumlah hal yang jangan kamu lakukan di atas kasur.

1. Menonton TV di Kasur

Menonton tv dari kasur merupakan salah satu kebiasaan banyak orang. Namun ternyata hal ini bisa berbahaya pasalnya cahaya dari TV akan merangsang otak untuk berhenti mengeluarkan hormon melatonin. Padahal hormon ini berfungsi untuk membuat tidurmu agar selalu nyenyak.

2. Menyalakan Smartphone

Selain TV, kamu juga harus mematikan smartphone saat akan tidur. Pasalnya, ketika smartphone menyala maka kamu akan tergoda untuk memainkannya dan hal ini akan mempengaruhi ritme sirkadian atau jam alami tubuh sehingga kamu sulit untuk terpejam.

3. Makan di Atas Tempat Tidur

Jangan pernah makan apa pun di atas tempat tidur. Pasalnya remahan makanan tersebut akan menarik kedatangan semut, kecoa, atau serangga lainnya yang pasti akan mengganggu kualitas tidurmu.

4. Bekerja

Menurut penelitian yang dilansir dari National Sleep Foundation, saat kamu membawa pekerjaanmu ke atas tempat tidur atau kamu lembur, kamu cenderung akan menderita insomnia. Selain itu hal ini juga bisa membuat kasur kamu menjadi lebih kotor karena banyaknya kertas yang bertebaran.

5. Bertengkar dengan Pasangan

Masalah dengan pasangan yang terjadi di atas kasur dapat mengakibatkan masalah baru bagimu. Pasalnya, ketika kamu bertengkar dengan pasangan, kamu pasti akan stres. Sebaliknya ketika kamu bermesraan dengan pasangan, tubuh akan melepaskan endorfin yang akan membuatmu rileks dan tidurmu jadi nyenyak.

Hindari melakukan sejumlah hal tersebut ketika kamu di atas kasur untuk menjaga kesehatan dan kualitas tidurmu.

Baca juga:
Tidur Siang Selama 10 Menit Mampu Bantu Tingkatkan Fokus dan Produktivitas
Kenali Lama Jam Tidur Ideal Berdasar Usia Seseorang
Tidur Cukup di Malam Hari Ternyata Benar-Benar Bisa Bantu Mengusir Penyakit
Begini Cara Mudah untuk Jaga Tubuh Tetap Sejuk Ketika Tidur
Mengapa Orang Tua Cenderung Tidur Malam Lebih Sebentar?
Sejumlah Makanan yang Bisa Jadi Penawar Kebiasaan Mendengkur
5 Hal yang Umumnya Jadi Penyebab Kamu Terbangun Ketika Tidur Malam

(mdk/RWP)