Di Rumah Saja Malah Sering Ngemil, Ini Cara Mengatasinya

Di Rumah Saja Malah Sering Ngemil, Ini Cara Mengatasinya
SEHAT | 2 Juni 2020 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Pada masa-masa pandemi seperti ini, salah satu kebiasaan yang banyak dilakukan seseorang adalah ngemil. Banyaknya waktu luang di rumah membuat seseorang jadi ngemil tanpa memperhatikan sejumlah hal lain.

Psikolog klinis Tara De Thouars mengamini bahwa kebiasaan ngemil berlebih memang sangat rentan terjadi selama di rumah aja selama pandemi COVID-19. Hal tersebut dipicu oleh rasa bosan atau kondisi emosi tidak stabil karena perubahan kebiasaan yang mendadak ataupun ketakutan akan pandemi itu sendiri.

“Saat tekanan emosional hadir, tubuh seolah memberikan sinyal yang mirip seperti rasa lapar. Sebenarnya sinyal tersebut hanyalah respons terhadap perasaan yang menjadi pelarian dari emosi negatif. Jika dorongan tersebut terus diikuti, tentu tubuh akan kelebihan asupan dan tentunya akan semakin berisiko jika dilakukan secara berulang,” jelas Tara.

Supaya tidak memiliki efek samping yang berlebihan, makanlah camilan dengan bijak agar tidak menimbulkan penyesalan di akhir. Caranya, pastikan saat makan camilan dilakukan secara sadar. Makanlah secara perlahan dan nikmati setiap gigitannya.

"Ajak seluruh indera tubuh Anda terlibat, mulai dari memperhatikan bentuk, mencium aroma, menikmati rasa, hingga sensasi suara saat menggigit atau mengunyah camilan,” kata Tara.

1 dari 1 halaman

3 Langkah Bijak Makan Camilan

Masyarakat dapat menerapkan makan camilan secara bijak dalam kehidupan sehari-hari dengan tiga langkah sederhana.

Pertama, kenali isyarat tubuh mengapa ingin ngemil. Misalnya, apakah karena lapar ataukah perlu untuk mengembalikan mood.

Kedua, pilih apa camilan yang tepat berdasarkan isyarat tubuh tersebut. Hal ini tentunya dengan memperhatikan porsi camilan dan waktu ketika Anda ngemil.

Terakhir, perhatikan bagaimana ngemil, dengan memaksimalkan semua indera. Hal ini akan dapat mengenali isyarat tubuh, kapan harus berhenti ngemil. Sebaiknya ngemil tidak dilakukan sambil berkegiatan lain, misalnya main gadget.

Reporter: Anisha Saktian Putri
Sumber: Fimela.com (mdk/RWP)

Baca juga:
Sering Disalahpahami, 7 Makanan Ini Sesungguhnya Memiliki Kandungan Tinggi Gula
Mengapa GERD Mulai Kambuh Lagi Usai Lebaran?
Wanita Miliki Risiko Kematian Akibat Penyakit Jantung Lebih Rendah Dibanding Pria
Sering Tak Disadari, Deretan Manfaat Kesehatan Ini Bisa Diperoleh dari Menguap
4 Masalah Kesehatan yang Bisa Muncul Akibat Kolesterol Tinggi dalam Tubuh
6 Tanda yang Bakal Ditunjukkan Oleh Tubuh ketika Kehabisan Energi
Tinggi Kalori, Batasi Jumlah Konsumsi Kue Kering Lebaran

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Pariwisata Banyuwangi Bersiap Menyambut New Normal

5