Diare pada Balita Bisa Diatasi dengan Konsumsi Tablet Zinc

SEHAT | 19 Januari 2020 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Terdapat cara yang bisa dilakukan oleh orangtua untuk mengatasi munculnya diare pada anak. Disebut bahwa memberikan tablet zinc mempercepat kesembuhan diare pada anak di bawah lima tahun

"Pemberian (tablet) zinc pada anak di bawah 5 tahun sebagai tata laksana dalam diare. Tata laksana ini sudah menjadi rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan UNICEF," jelas Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI Kirana Pritasari saat konferensi pers di Hotel Bidakara.

Tablet zinc untuk anak yang diare harus diminum selama paling tidak 10 hari. Pemberian tablet zinc tidak akan membuat anak mudah kena diare di waktu mendatang. Hal ini bisa terwujud asalkan orangtua memberikan tablet zinc sesuai petunjuk dokter.

"Tapi secara khusus dinilai kepatuhan juga. Artinya, tablet zinc diminum sesuai apa yang disampaikan dokter," lanjut Kirana.

1 dari 1 halaman

Cegah Dehidrasi Akibat Diare

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan Wiendra Waworuntu menambahkan, tablet zinc mencegah anak mengalami dehidrasi akibat diare.

"Patuh minum obat zinc untuk memperbaiki sel mukosa agar tidak terjadi dehidrasi. Zinc ini dibutuhkan saat anak diare," tambahnya.

Demi meningkatkan kesehatan anak, pemberian tablet zinc menyasar lebih dari 64.000 anak di bawah usia 5 tahun yang menderita diare di 20 kabupaten di Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur. Program tersebut merupakan Micronutrient Supplementation for Reducing Mortality and Morbidity (MITRA) yang dilakukan Kementerian Kesehatan RI, Nutrition International (NI) dan Kemitraan Australia serta Kanada.

Project tersebut dilakukan sejak Agustus 2015. Selain tablet zinc, anak-anak yang diare juga diberikan oralit untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang ketika diare.

Reporter: Fitri Haryanti Harsono
Sumber: Liputan6.com (mdk/RWP)

Baca juga:
Konsumsi Susu Murni pada Anak-Anak Bisa Cegah Munculnya Obesitas
Obesitas Ternyata Bisa Buat Anak Memiliki Ingatan yang Lebih Lemah
Pencegahan Stunting Bisa Dilakukan Lewat Program Posyandu
Kenali 4 Gejala yang Muncul ketika Anak Menderita Diabetes
Apakah Sebaiknya Melakukan Imunisasi di Dokter Spesialis Anak Dibanding di Posyandu?
Mungkinkah Mencegah Terjadinya Diabetes Tipe-1 pada Anak-Anak?

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.