Dokter Sebut Bahwa Olahraga Merupakan Benteng Pencegahan COVID-19

Dokter Sebut Bahwa Olahraga Merupakan Benteng Pencegahan COVID-19
Ilustrasi olahraga. Shutterstock/Warren Goldswain
SEHAT | 9 Oktober 2020 07:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Pada masa pandemi COVID-19 seperti saat ini, melakukan olahraga merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Melakukan aktivitas ini bisa sangat membantu dalam meningkatkan imunitas tubuh.

Dosen Fakultas Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta dr Arie Sutopo, SpKO menjelaskan, olahraga minimal tiga puluh menit setiap hari bisa menjadi benteng kedua dalam pencegahan penularan COVID-19.

Arie menjelaskan, benteng pertama dari penularan COVID-19 adalah protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

"Aktivitas olahraga menjadi benteng kedua yang melawan serangan virus Corona ke dalam tubuh," jelas Arie beberapa waktu lalu.

Olahraga, kata Arie, memiliki intensitas, durasi, dan frekuensi. Ketiga hal itulah yang membedakan olahraga dengan bergerak.

Menurut Arie, intesitas olahraga untuk meningkatkan imunitas bisa dilakukan secara sedang atau pun ringan, minimal 30 menit per hari. Aktivitas ini dilakukan setiap hari.

Sementara aktivitas harian di rumah seperti membersihkan kamar dan mencuci pakaian tidak termasuk olahraga, melainkan bergerak. Arie menyebut, bergerak hanya berpengaruh terhadap otot dan sendi saja, bukan pada imunitas tubuh.

Arie berpesan pada masyarakat agar mengenakan masker saat berolahraga di luar.

"Pakai masker itu tetap, cuci tangan, dan jaga jarak. Karena ini tindakan pencegahan supaya virus enggak masuk ke tubuh," terangnya.

Reporter: Dyah Puspita Wisnuwardani
Sumber: Liputan6.com

(mdk/RWP)

Ingat #PesanIbu

Jangan lupa Selalu Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak Mari Bersama Cegah Penyebaran Virus Corona

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami