Duduk dengan silangkan kaki bikin nyeri sendi?

SEHAT | 16 November 2015 18:21 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum

Merdeka.com - Dalam melakukan kegiatan sehari-hari, tentu saja ada beberapa hal yang menjadi kebiasaan Anda. Entah itu kebiasaan baik atau kebiasaan buruk, Anda terus saja melakukannya karena Anda merasa nyaman.

Menurut penelitian yang dilansir dari healthmeup.com, ternyata ada beberapa kebiasaan sederhana yang tak disadari mampu membuat kesehatan tubuh Anda terancam. Apa saja? Berikut adalah jawabannya

Duduk dengan menyilangkan kaki

Siapa yang menyangka bahwa duduk dengan menyilangkan kaki mampu meningkatkan tekanan darah di dalam tubuh Anda? Bahkan peningkatan darah mampu meningkat hingga 7%. Menurut Stephen T. Sinatra, MD, FACC yang merupakan penulis buku The Great Cholesterol Myth, ketika Anda menyilangkan kaki maka terjadi peningkatan tekanan di sendi pinggul dan dapat menyebabkan pengumpulan darah di kaki.

Berdiri dengan lutut terkunci

Berdiri dengan lutut terkunci juga dapat membahayakan kesehatan Anda sebab terjadi peningkatan tekanan di lutut.

Tidur telungkup

Saat tidur telungkup, maka terdapat peningkatan di kepala belakang dan juga terjadi pengumpulan saraf. Akibat hal ini, maka Anda akan merasakan mati rasa dan dapat membahayakan kesehatan saraf Anda.

Sering membungkuk

Postur membungkuk dapat menyebabkan nyeri bahu dan tekanan di tulang belikat Anda. Postur tubuh yang buruk ini apabila tidak diperbaiki maka akan menyebabkan gangguan kesehatan lebih lanjut. Anda dapat memeriksa postur tubuh Anda sendiri dengan cara berdirilah menyamping dan kemudian tariklah garis imajiner melalui telinga, bahu, pinggul, lutut, dan pergelangan kaki. Melalui garis ini akan terlihat apakah postur tubuh Anda membungkuk atau tegak.

Mengonsumsi permen karet

Mengonsumsi permen karet secara berlebihan ternyata dapat menyebabkan nyeri rahang. Oleh karena itu saat mengonsumsi permen karet, jangan terlalu lama mengunyahnya. Selain itu, mengonsumsi permen karet terlalu lama juga bisa menyebabkan kenaikan asam di dalam lambung Anda yang berujung dengan perasaan yang tidak nyaman.

Jadi, manakah di antara kebiasaan di atas yang sering Anda lakukan? Sebaiknya hindari daripada kesehatan Anda terancam.

(mdk/feb)