Efek buruk pada tubuh saat kamu kebanyakan makan serat

Efek buruk pada tubuh saat kamu kebanyakan makan serat
SEHAT | 9 November 2017 13:26 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum

Merdeka.com - Serat merupakan salah satu nutrisi sehat yang dibutuhkan untuk mendukung kesehatan pencernaan dan detoksifikasi tubuh. Serat bagaikan spons alami yang berfungsi untuk menyerap semua racun di tubuh. Serat juga bisa memperlancar gerakan usus sehingga bisa menghindarkanmu dari penyakit sembelit atau konstipasi dan serangkaian gangguan pencernaan lainnya.

Meski memiliki manfaat sehat, ternyata kamu pun tak diperbolehkan untuk mengonsumsi serat terlalu banyak.

"Ketika kamu tiba-tiba meningkatkan konsumsi serat, akan terjadi kram perut, kembung, gas, maupun diare. Dalam kasus yang sangat parah dan walau jarang terjadi, terlalu banyak serat juga bisa menyebabkan penyumbatan pada usus," terang penelitian yang dilansir dari thehealthsite.com.

"Sayuran mentah juga mengandung zat bernama goitrogen dalam jumlah besar yang bisa mengganggu fungsi tiroid. Selain itu, ketika kamu terlalu banyak makan serat, maka konsumsi air bisa sulit menembus massa serat. Akibatnya bisa terjadi gangguan pencernaan serta penyerapan beberapa mineral penting seperti zat besi, seng, magnesium, dan kalsium juga akan terhambat."

Maka, tak selamanya makan banyak makanan sehat membawa dampak positif untuk tubuh. Salah satu contohnya seperti penjelasan di atas. Oleh karena itu konsumsilah serat sesuai dengan jumlah yang sesuai untuk kebutuhan tubuhmu. (mdk/feb)

Makan sayuran ini ampuh bersihkan pankreas, lever, dan ginjal sekaligus

Redakan kram menstruasi yang menyiksa dengan minum segelas jus bayam

Obati flu hanya dalam waktu 3 hari dengan banyak makan brokoli

Mengenal okra, sayuran kaya lendir yang tinggi manfaat sehat

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami