Efek Samping Penggunaan Obat Penting untuk Dicatat dan Dilaporkan

Efek Samping Penggunaan Obat Penting untuk Dicatat dan Dilaporkan
SEHAT | 23 September 2020 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Ketika sakit atau kondisi kesehatan tidak prima, konsumsi obat merupakan sebuah hal yang biasa dilakukan seseorang. Hanya saja, beberapa obat terkadang belum teruji dan memiliki efek samping yang tidak baik.

Efek samping yang dirasakan ketika mengonsumsi obat penting untuk dilaporkan demi keselamatan dan keamanan pasien saat ini, maupun di masa depan, kata Ketua International Society of Pharmacovigilance (ISoP) Indonesia dr Jarir At Thobari.

"Peran masyarakat sangat penting untuk turut aktif dalam memantau dan melaporkan efek samping obat-obatan yang tengah dikonsumsi," kata Jarir beberapa waktu lalu dilansir dari Antara.

Akademisi Departemen Farmakologi dan Terapi Universitas Gadjah Mada itu menjelaskan, laporan dari masyarakat akan membantu menentukan tindak lanjut terhadap obat-obatan tersebut. Penting untuk merinci dan mencatat sebanyak mungkin reaksi merugikan demi keselamatan pasien dan obat yang berkelanjutan (pharmacovigilance).

"ISoP Indonesia sebagai organisasi ilmiah independen berkomitmen dalam memajukan sistem Farmakovigilans di Indonesia, salah satunya dengan secara terus menerus melakukan sosialisasi tentang pentingnya pelaporan efek samping obat baik untuk masyarakat, industri farmasi dan profesional kesehatan," terangnya.

Baca Selanjutnya: Khasiat dan Efek Samping Obat...

Halaman

(mdk/RWP)

TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami