Gadis Mungil Bisa Bersin Keras Seperti Bapak-Bapak? Ini Penyebabnya

SEHAT | 11 Oktober 2019 00:40 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Setiap orang memiliki gaya bersin dan volume yang berbeda-beda. Beberapa orang bisa bersin dengan cukup anggun dan senyap namun beberapa orang memiliki bersin yang cukup keras dan menggelegar.

Terdapat seloroh yang menyebut bahwa bersin yang keras dan menggelegar ini sebagai 'bersin bapak-bapak'. Bersin gaya bapak-bapak ini sendiri tak mengenal jenis kelamin dan bahkan bisa dialami oleh wanita.

Lalu mengapa sebenarnya seseorang bisa bersin dengan sangat keras seperti ini?

"Bersin merupakan refleks yang sangat kuat untuk membersihkan saluran pernapasan atas dan sering terjadi secara spontan dan tidak disengaja sehingga tidak bisa kita kontrol," terang Erich Voigt, otolaryngologis di NYU Langone Medical Center, dilansir dari Refinery29.

Perbedaan suara bersin yang dimiliki oleh seseorang ini ternyata bukan hanya karena kebiasaan saja namun juga ada hubungannya dengan tubuh seseorang. Voigt menyebut bahwa ukuran tubuh dan kekuatan otot juga memegang peranan.

1 dari 3 halaman

Ukuran dan Gaya Bersin Berpengaruh

Selain ukuran tubuh yang berbeda, setiap orang juga disebut memiliki gaya bersin yang berbeda.

"Beberapa orang membiarkan bersin keluar dari hidung, sedangkan lainnya membiarkannya keluar melalui mulut, dan beberapa lainnya membiarkannya keluar melalui mulut dan hidung," terang Voigt.

"Setiap jenis ini bisa menghasilkan kebisingan yang berbeda," sambungnya.

2 dari 3 halaman

Jangan Berusaha Bersin Diam-Diam

Pada orang yang sama, bersin yang keluar ini juga bisa terjadi secara berbeda. Kadang seseorang bisa bersin dengan senyap namun kadang juga secara kencang dan intens.

Walau jenis bersin yang keluar pada diri seseorang bisa berbeda-beda namun ada satu hal yang tidak disarankan oleh Voigt. Dia menyebut agar seseorang tidak berusaha meredam suara bersin karena hal itu tidak berguna.

3 dari 3 halaman

Faktor yang Mempengaruhi Volume Bersin

Alasan mengapa seseorang bersin dengan suara keras dari mulut adalah karena udara yang memaksa keluar dari paru-paru melalui kontraksi di diafragma. Udara ini kemudian melewati kotak suara sehingga muncul suara kencang ketika kamu bersin.

"Ukuran dan bentuk dari leher dan kepala bisa menyebabkan suara beresonasi dan menimbulkan suara unik pada orang tersebut," terang Voigt.

Hal ini menunjukkan bahwa walaupun memiliki badan keecil seseorang masih mungkin bersin dengan keras. Pasalnya, banyak hal yang mempengaruhi keras tidaknya suara bersin ini.

Oleh karena itu, seharusnya kita tidak terkejur lagi melihat wanita bertubuh mungil bisa bersin dengan suara yang bahkan bisa menggetarkan kaca jendela. Pasalnya, terdapat sejumlah hal yang menyebabkan munculnya 'bersin bapak-bapak' ini. (mdk/RWP)

Baca juga:
5 Masalah Kesehatan yang Bisa Dialami Wanita Ketika Memiliki Payudara Terlalu Besar
6 Cara Mudah dan Sederhana Mengatasi Tumit dan Kaki Pecah-Pecah
Masalah Gigi yang Dimiliki Seseorang Bisa Jadi Tanda Risiko Masalah Kardiovaskular
Diprediksi Bakal Ada 250 Juta Anak Obesitas pada 2030
Sejumlah Masalah Kesehatan yang Rentan Dialami Orang Pendek
6 Makanan yang Bisa Membuatmu Terhindar dari Masalah Penyumbatan Arteri