Gangguan Tidur Bisa Jadi Penyebab Terjadinya Migrain pada Seseorang

Gangguan Tidur Bisa Jadi Penyebab Terjadinya Migrain pada Seseorang
ilustrasi migrain. www.cnn.com
SEHAT | 3 Januari 2020 18:30 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Migrain merupakan salah satu masalah sakit kepala yang bakal sangat mengganggumu. Hal ini juga bisa berdampak terhadap aktivitas yang kamu lakukan sehari-hari.

Terdapat sejumlah hal yang bisa memicu terjadinya migrain ini. Dilansir dari Health24, sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa gangguan tidur merupakan salah satu hal yang dapat memicu terjadinya migrain ini.

"Kami menemukan bahwa efisiensi tidur yang rendah, yaitu berapa lama kamu terjaga di kasur ketika berusaha tidur, berhubungan dengan migrain yang tak terjadi pada esok harinya, namun pada hari setelahnya," ungkap peneliti Dr. Suzanne Bertisch, spesialis tidur di Brigham and Women's Hospital di Boston.

Penelitian ini dilakukan pada 98 orang dewasa yang setidaknya mengalami antara 2-15 migrain setiap bulan. Peneliti mencatat berbagai hal seperti kebiasaan tidur, migrain, serta kesehatan selama enam minggu. Selama masa penelitian tersebut, mereka menggunakan gelang untuk mencatat pola tidur mereka.

Selama enam minggu penelitian, pastisipan secara tital mengalami 870 migrain selama enam minggu. Peneliti kemudian melihat apakah terdapat hubungan antara tidur dengan migrain ini.

Baca Selanjutnya: Peneliti melihat juga sejumlah pemicu...

Halaman

(mdk/RWP)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami