Hanya butuh makan sebatang seledri untuk bakar kalori dengan cepat

Hanya butuh makan sebatang seledri untuk bakar kalori dengan cepat
SEHAT | 16 Juni 2016 11:14 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum

Merdeka.com - Seledri seringkali ditemukan di masakan Indonesia dalam bentuk cincangan kecil. Namun di Eropa atau Amerika Serikat, seledri memiliki bentuk batang yang besar dengan daun yang lebar. Sehingga tak jarang seledri pun dianggap sebagai sayuran, lebih dari sekedar bumbu masakan.

Bentuk seledri yang besar tersebut seringkali diolah menjadi bahan jus atau campuran smoothie. Kandungan seratnya yang tinggi bisa membantu menyehatkan kesehatan pencernaan serta mencegah sembelit.

Selain manfaat tersebut, sebuah penelitian yang dilansir dari dailymail.co.uk mengungkapkan bahwa seledri ternyata bisa membakar timbunan kalori dengan cepat dan efektif lho.

Peneliti dari University Hospitals Coventry yaitu Matt Tebbutt membuktikan sendiri hal tersebut. Dia mengonsumsi 326 gram seledri mentah dan juga diolah menjadi smoothie seledri. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa mengonsumsi seledri dalam bentuk mentah membantunya membakar 72 kalori, sedangkan saat ia minum jus seledri, ia membakar 112 kalori.

"Seledri mengandung sekitar 75% air dan 25% serat. Selain mampu membantumu dalam menurunkan berat badan, seledri juga memiliki sifat antioksidan dan anti inflamasi sehingga bisa membantu menurunkan tekanan dan kolesterol darah serta mencegah penyakit jantung," tulis penelitian ini.

"Tak hanya itu saja, seledri sangat kaya akan vitamin C sehingga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhmu secara keseluruhan." (mdk/feb)

5 Sayuran ini sebaiknya dimasak dahulu sebelum dimakan

Selain cegah minus, ini manfaat lainnya dari wortel untuk mata

10 Bahan tak terduga ini ternyata berkhasiat untuk kecantikan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami