Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia, Setiap Orang Harus Kenali dan Pahami Diri Sendiri

SEHAT | 11 September 2019 10:01 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia diperingati pada tanggal 10 September setiap tahunnya. Untuk mencegah jumlah bunuh diri yang dialami, setiap orang harus meningkatkan kesadaran dalam mengenali dan memahami diri sendiri.

Dokter spesialis kejiwaan Dian Pitawati menyampaikan, kita harus memahami diri sendiri. Sifat dan sikap seperti apa yang kita miliki tatkala di hadapkan dengan tantangan hidup.

"Di Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia, perlu mengenali diri sendiri. Kita ini orangnya seperti apa. Cukup mampu atau enggak menghadapi tantangan hidup. Apakah kita (tipe orang) cenderung tertutup dan menarik diri. Apakah kita orang yang berjuang atau suka menghindari tantangan," jelas Dian melalui siaran Live Streaming Radio Kesehatan Kementerian Kesehatan RI.

"Saat menghadapi masalah kan tipe orang hanya dua, berjuang terus atau menghindar. Kalau enggak kuat berjuang ya berhenti sebentar, nanti lanjut lagi."

Kalau menghindar terus, orang tersebut tidak terampil menghadapi masalah. Faktor penyebab bunuh diri bisa yang paling sering terjadi dikarenakan depresi, cemas, gangguan mood (perasaan). Hal ini muncul dipengaruhi masalah pekerjaan juga kesulitan ekonomi.

Ketika seseorang sadar dirinya sedang depresi, terlebih lagi muncul pikiran-pikiran untuk bunuh diri sebaiknya mendatangi tenaga ahli kesehatan. Perlu bantuan untuk menangani permasalahan tersebut.

"Dianjurkan juga ada pendampingan dari orang-orang di sekitarnya, misalnya teman, keluarga, dan kerabat. Memang enggak mudah buat orang lain menerima hal itu (adanya pikiran bunuh diri)," lanjut Dian yang berpraktik di RSUP Fatmawati Jakarta.

"Kalau kita mendengar seseorang mulai mengenali dirinya sendiri mengarah pada bunuh diri, dia harus dibantu," tandasnya.

Reporter: Fitri Haryanti Harsono
Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Lelaki Muda Lebih Rentan Bunuh Diri Dibanding Perempuan
Stres yang Dialami oleh Ibu Hamil Bisa Timbulkan Masalah Kepribadian pada Buah Hati
6 Hal yang Jadi Alasan Seseorang Enggan Lakukan Konsultasi Masalah Mental
Masalah dengan Lingkungan Sekitar Bisa Sebabkan Anak Alami Masalah Pencernaan
4 Cara Terhindar dari Stress Eating yang Mungkin Membuat Berat Badanmu Meningkat
Konsumsi Buah dan Sayur dalam Kondisi Mentah Bisa Tingkatkan Kesehatan Mental

(mdk/RWP)