Hemofilia yang Tidak Ditangani Bisa Berdampak Mematikan

Hemofilia yang Tidak Ditangani Bisa Berdampak Mematikan
Ilustrasi Darah. ©2020 Merdeka.com/www.pixabay.com
SEHAT | 4 Maret 2021 09:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Hemofilia merupakan salah satu penyakit kelainan darah yang menyebabkan darah tidak terlihat membeku. Walau begitu, yang sebenarnya terjadi adalah darah yang membutuhkan waktu lama untuk membeku. Ketika masalah ini tidak ditangani dengan tepat, dampak yang buruk bisa terjadi.

Ketua Himpunan Masyarakat Hemofilia Indonesia (HMHI), Prof. dr. Djajadiman Gatot di sela Kongres Nasional HMHI ke-6 Virtual Summit, beberapa waktu lalu mengatakan, kondisi yang sebagian besar diturunkan secara genetis melalui anak laki-laki ini bisa menyebabkan cacat fisik permanen termasuk kerusakan sendi hingga kematian pada penderitanya.

"Hemofilia merupakan suatu kelainan perdarahan yang diturunkan secara genetik dan penyandanganya bisa mengalami perdarahan tanpa atau dengan trauma. Biasanya apabila dengan trauma menandakan penyandangnya mengalami penyakit cukup berat dan jika tidak ditangani bisa menyebabkan cacat fisik permanen atau bahkan berakibat kematian," tutur dia.

Laman Healthline mencatat, orang dengan hemofilia dapat mengalami pendarahan spontan atau internal dan seringkali mengalami nyeri, sendi bengkak karena pendarahan pada sendi. Pada anak-anak dengan hemofilia, gejala-gejala ini dapat terjadi sekitar usia 2 tahun. Lebih lanjut, perdarahan spontan dapat menyebabkan sejumlah masalah antara lain: darah dalam urin dan tinja, gusi berdarah, sering mimisan dan persendian yang kencang.

Namun, apabila hemofilia ditatalaksana dengan baik, maka kualitas hidup penyandangnya dapat seperti normal. Hanya saja, menurut Djajadiman yang mengambil spesialisasi anak di Departemen Medik Ilmu Kesehatan Anak RSCM itu, masih ada sejumlah hambatan dalam pengobatan hemofilia di Indonesia, salah satunya biaya yang relatif sangat mahal.

Baca Selanjutnya: Masih Banyak Pengobatan Hemofilia di...

Halaman

(mdk/RWP)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami