Hendak Menggunakan Sports Bra untuk Sehari-Hari, Ini Hal yang Perlu Diperhatikan

Hendak Menggunakan Sports Bra untuk Sehari-Hari, Ini Hal yang Perlu Diperhatikan
Ilustrasi sport bra. Shutterstock/Katrina Elena
SEHAT | 5 Oktober 2022 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Pada saat ini, terdapat sekali beragam jenis dan bentuk bra yang bisa dipilih wanita. Pilihan bra ini bisa sangat bergantung terhadap kenyamanan dan kebutuhan seorang wanita.

Salah satu jenis bra yang memiliki banyak pilihan dan cukup nyaman digunakan adalah sports bra. Bra jenis ini bisa menyokong payudara dengan cukup tepat dan juga terasa nyaman untuk digunakan.

Hal ini lah yang menjadikan sports bra pilihan bagi banyak wanita bahkan ketika mereka tidak tengah berolahraga. Namun, adakah dampak terhadap payudara jika sports bra digunakan untuk kehidupan sehari-hari secara terus-menerus?

Dilansir dari The List, Jené Luciani Sena, penulis buku "The Bra Book," mengungkap bahwa dibanding lepas bra, menggunakan sports bra sesungguhnya lebih aman.

"Payudara kita terbentuk dari otot dan jaringan. Seiring waktu, gerakan naik-turun bisa menyebabkan peregangan di bagian tersebut," terang Sena.

"Sebagian besar wanita tidak mamu memiliki payudara yang kendur; bukan hanya karena alasan keindahan, namun juga karena alasan kenyamanan. Hal ini bisa menyakitkan!," sambungnya.

2 dari 2 halaman

Pilihan Jenis Sports Bra yang Tepat

Walau menggunakan sports bra sepanjang hari tidak masalah, namun sebaiknya hindari bra dengan desain untuk aktivitas berdampak tinggi seperti berlari dan melompat. Pasalnya, jenis ini cenderung lebih ketat.

Disarankan memilih bra yang tidak terlalu ketat dan dirancang untuk kegiatan berdampak rendah seperti berjalan. Menggunakan bra dengan ukuran terlalu ketat setiap hari bisa berdampak pada munculnya rasa tak nyaman serta menurunnya sirkulasi darah.

Selain jenis, hal yang tak kalah penting adalah memilih bra dengan ukuran tetap. Kurangnya sokongan, serta kompresi otot terus-menerus di leher disebut oleh Emily Kiberd, pakar chiropractor, bisa menyebabkan permasalahan pada postur.

"Hal ini bisa menyebabkan tarikan berlebih pada struktur sekitar leher dan berujung sakit kepala, otot tegang, napas pendek dan dangkal, kecemasan, serta masalah saraf," terangnya.

Bra yang terlalu sempit juga bisa berujung pada berbagai masalah kulit mulai ruam hingga infeksi jamur. Oleh karena itu, pilihlah bra dengan bentuk yang paling sesuai dengan kebutuhan dan ukuran yang tepat. Sebagai pengganti sports bra, kamu juga bisa memilih menggunakan bralette yang sama nyamannya namun biasanya tidak terlalu ketat. (mdk/RWP)

Baca juga:
7 Cara Mengatasi Masalah Munculnya Ruam pada Bagian Bawah Payudara
5 Kondisi yang Bisa Menyebabkan Munculnya Ruam pada Bagian Bawah Payudara
4 Masalah Puting yang Rentan Dialami oleh Ibu Menyusui
5 Faktor yang Bisa Menentukan Bentuk dan Ukuran Payudara
8 Cara Mengatasi dan Mencegah Masalah Gatal di Puting dan Payudara


Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini