Hindari 4 hal ini jika kamu sedang menderita infeksi saluran kemih

SEHAT | 5 Februari 2018 13:38 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum

Merdeka.com - Infeksi saluran kemih atau ISK dapat menyebabkan beberapa ketidaknyamanan seperti seringnya buang air kecil, nyeri panggul, dan lain sebagainya. Dilansir dari thehealthsite.com, ada beberapa aktivitas tertentu yang bisa memperburuk ISK.

Apa saja?

Tidak cukup minum air
Tubuh membutuhkan air untuk membuatnya agar berfungsi dengan baik dan menyembuhkan segala penyakit, termasuk ISK. Jika kamu jarang minum air maka bakteri tak kunjung keluar. Oleh karena itu, rajinlah minum air untuk membantu membersihkan dinding saluran kemih.

Menahan kencing
Menahan kencing terlalu lama akan menyebabkan kuman tak kunjung hilang dari tubuhmu. Akibatnya, ISK pun makin parah.

Tidak segera diobati
ISK bisa makin parah jika kamu tak segera mengobatinya. Termasuk jika kamu menghentikan konsumsi antibiotik. Oleh karena itu segera lakukan penanganan medis untuk mengobati penyakit ini.

Berhubungan seksual
Saat kamu sedang menderita ISK, hindari melakukan hubungan seksual sejenak. Sebab hubungan seksual akan mendorong bakteri dari vagina masuk ke kandung kemih sehingga bisa menimbulkan penyakit baru. Sehingga tunggu penyakitmu sembuh terlebih dahulu.

Jika belum parah, ISK bisa kamu obati secara alami dengan minum jus cranberry. Sebab buah ini bersifat anti inflamasi sehingga bisa menghentikan peradangan yang terjadi saat kamu terkena ISK.


Tak hanya bakteri, infeksi saluran kemih juga disebabkan karena hal ini
Selain jus cranberry, ini ramuan alami lainnya untuk sembuhkan ISK
4 Penyakit yang muncul akibat sering menahan kencing
Bahaya sulit BAB, infeksi saluran kemih hingga anus robek!

(mdk/feb)