Ibu Hamil yang Mengalami 4 Kondisi Ini Dianjurkan Tidak Berpuasa

Ibu Hamil yang Mengalami 4 Kondisi Ini Dianjurkan Tidak Berpuasa
ilustrasi ibu hamil. ©www.popsugar.com
SEHAT | 20 April 2021 09:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Pada seorang ibu yang tengah hamil, hanya mereka yang memiliki kondisi sehat secara fisik dan piskis saja yang diperbolehkan melakukannya. Hal ini penting agar kesehatan ibu dan janin yang dikandung tidak mengalami masalah akibat berpuasa.

Dalam presentasinya, Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, SpOG(K), MPH memaparkan kondisi khusus yang melarang ibu hamil untuk puasa.

Pertama, kondisi ketika ibu hamil mengalami penurunan tekanan darah. Penurunan tekanan darah ini hingga mengakibatkan ibu pingsan, pusing, atau kehilangan konsentrasi.

Kedua, kondisi ketika ibu hamil mengalami muntah berkelanjutan, khususnya pada trimester awal kehamilan. Terlebih lagi apabila muntah-muntah ini menyebabkan ibu mengalami kehilangan cairan dan garam mineral dalam tubuh.

Ketiga, ibu hamil yang memiliki riwayat keguguran berulang kali disarankan untuk tidak berpuasa. Juga pada ibu dengan riwayat kelahiran bayi prematur.

Keempat, ibu hamil yang mengalami gejala khusus seperti peningkatan tekanan darah dan penambahan berat badan yang disertai pembengkakan kaki.

Baca Selanjutnya: Persiapan Puasa untuk Ibu Hamil...

Halaman

(mdk/RWP)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami