Ikuti Panduan Makan 3J Bagi Penderita Diabetes

SEHAT | 8 Desember 2019 14:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Diabetes merupakan salah satu penyakit yang bisa menyebabkan penyakit degenratif lainnya. Kondisi kesehatan ini bisa memicu munculnya stroke, hipertensi, jantung koroner dan disfungsi ereksi yang bisa menjadi komplikasi.

Untuk itu bagi mereka yang diketahui mengalami diabetes, penting untuk mengubah pola hidup jadi lebih sehat. Caranya adalah dengan mengatur menu makan harian, olahraga dan minum obat secara teratur.

Hal tersebut dilakukan agar level gula darah tetap stabil. Pada prinsipnya, pola makan untuk penyandang diabetes tidak berbeda dengan orang pada umumnya, hanya saja harus seimbang.

“Bukan berarti pola makan ketat yang mengurangi porsi makan. Diet untuk penyandang diabetes adalah tetap melakukan pola makan dengan gizi seimbang yang mengandung karbohidrat baik yang memiliki indeks glikemik rendah, tinggi serat, vitamin, dan mineral,” ujar dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, Sp.GK (K), Dokter Spesialis Gizi Klinik dari RSUPN Cipto Mangunkusumo.

1 dari 2 halaman

Panduan 3J

Adapun pola makan yang tepat untuk penyandang diabetes terdiri dari tiga prinsip atau 3J, yaitu tepat jadwal, jumlah, jenis. Berikut penjelasannya:

- Tepat jadwal yaitu penyandang diabetes dianjurkan untuk makan tiap 3 jam terdiri dari tiga kali makan utama (sarapan, makan siang, makan malam) dan dua sampai tiga kali makan selingan.

- Tepat jumlah yaitu kebutuhan kalori harian disesuaikan dengan berat badan, usia, jenis kelamin, dan aktivitas fisik.

- Tepat jenis yaitu memilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, tinggi serat dan rendah lemak.

2 dari 2 halaman

Asupan Nutrisi yang Sehat

Mengonsumsi menu makanan yang sehat dapat membantu penyandang diabetes dalam mengelola berat badan dan mengendalikan/mencegah faktor risiko komplikasi, seperti penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi dan stroke.

Bisa juga mengonsumsi suplemen atau bantuan nutrisi makanan. Ada banyak makanan alternatif yang bisa dikonsumsi penyandang diabetes.

"Salah satunya dengan bantuan nutrisi makanan pengganti (meal replacement) khusus seperti Diabetasol, bahkan menjadi semakin mudah. Kita bisa membuat kreasi menu yang dikombinasikan dengan sejumlah produk Diabetasol, berupa brownies, smoothies dan beberapa resep lain yang ramah penyandang diabetes," terang Chef Chandra Yudasswara.

Sumber: Dream.co.id (mdk/RWP)

Baca juga:
5 Makanan Lemak Sehat yang Wajib Dikonsumsi Sekali Seminggu
Sejumlah Minuman Ajaib yang Bisa Bantuk Redakan Rasa Nyeri di Sekujur Tubuh
5 Manfaat Sehat yang Bisa Kamu Peroleh dari Konsumsi Kuaci Bunga Matahari
Konsumsi Avokad Bisa Bantu Mencegah Terjadinya Diabetes
8 Makanan yang Bisa Bantu Kamu Terjaga Walau Ngantuk Melanda
5 Makanan yang Memiliki Manfaat Luar Biasa Meningkatkan Kualitas Darah
Tips dan Cara Membuat Sari Kacang Hijau yang Benar untuk Kesuburan
8 Nutrisi yang Bisa Membantu Meningkatkan Jumlah Sperma dengan Luar Biasa



Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.